Pengguna Cerdas Telepon Cerdas

dulu, waktu awal punya android, saya suka ditanya arah kiblat kl mau solat di tempat asing oleh teman2. karena saya punya aplikasinya. lalu ada orang lain yang punya henpon sama dan dia tanya arah kiblat, teman saya heran “Ludi, dia henpon nya sama kaya kamu, tapi dia ko malah nanya ke aku arah kiblat?!”

begitulah. ini henpon bisa install banyak aplikasi canggih sebenarnya. tapi ga semua pengguna nya memanfaatkan kecanggihan tsb.

berikut saya mau share aplikasi android yang biasa ada, perlu ada, sampai yang saya heran ko bisa ada. berdasarkan pengalaman saya doang. jadi yang punya pengalaman lebih banyak, sharing yaaa

– socmed dan chat. ini biasa ada. buat apaan android kl gada socmed dan chatnya?

– BBM 2. aplikasi chat yang rada spesial. karena aplikasi ini memungkinkan kita punya 2 pin BBM dalam 1 henpon. sekarang saya pakai. karena BBM yang 1 khusus jualan. 1 lagi bukan buat jualan

– color note. saya bisa dibilang tergila2 dengan aplikasi ini. karena maunya android bisa mengefisienkan banyak hal.

sejak punya android, saya kl ngaji, dengar ceramah, rapat, dll jarang bawa buku. hehe. catatan semua diketik di color note. karena walaupun henpon hilang, note nya ga hilang. ga cuma note, dia juga bisa untuk bikin to do list dan dimasukkan ke kalender.

tulisan di blog, caption foto, note fb, biasanya diketik di color note sebelum diunggah. (dan ngetiknya alhamdulillah jadi bisa sambil rebahan, hehe)

enaknya note ini juga bisa di-search. misal saya bikin catatan resep pempek dan mau cari diantara ratusan note itu, tinggal search aja “pempek”, lalu ketemu. bayangkan kl catatan nya di buku tulis, gimana nyarinya? 

– WP office buat open dan edit dokumen, excel, ppt. ini penting banget ada biar bisa “ngetik” di henpon. dengan aplikasi ini, laptop jadi jauh berkurang tugasnya

– photogrid. photo editor buat bikin kolase, tambah text, kasih lope-lope, atau bikin meme.

– snapseed. photo editor buat photography. saya suka kagum sama hasil jepretan orang di instagram. ternyata poto cakep banget gitu banyak yang dibantu sama photo editor asal jago main ambience, contrast, dll. yang penting angle sama timing. sisanya serahkan pada snapseed. haha *lalu disambit photographer*

– Qur’an, Qur’an dan terjemah. al matsurat. ngaji jadi bisa di mana aja, ada Qur’an di henpon.

– dictionary dan kbbi. dictionary hampir selalu ada, berhubung ga jago bahasa enggres, saya mah sering banget pakai aplikasi ini.

– timehop. cocok buat yang menggilai kenangan, macam saya.

– toefl ibt preparation dan test your English. ada masa-masa dalam hidup ini, ketika lagi gada kerjaan, atau di kendaraan, saya ngerjain soal2 bahasa Inggris. bahkan sampai kecanduan. test your English ini ada levelnya, dulu saya pakai yang beginner (apa elementary ya?) lalu dicopot, sekarang pakai yang level intermediate. dulu beginner aja nilainya jelek, apalagi sekarang intermediate? dapat zona kuning merah mulu. heu.

– tubemate. dapat ini lewat pencarian panjang *lebay* akhirnya dapat juga aplikasi android yang enak buat download YouTube. penting kl lagi sugih kuota dan bermandikan sinyal HSDPA.

– my calendar. penting banget ini buat catatan woman period.

– ibadah evaluation. kl bahasa kitanya lembar mutaba’ah. takjub juga ada aplikasi ginian di android. bagi yang butuh catatan untuk menghisab diri sendiri, bisa pakai aplikasi ini. item ibadah yang dicatatnya  bisa ditambah dan target bisa kita atur sendiri. kl rutin diisi akan terlihat ibadah kita yazid apa yanqush, ada grafiknya soalnya.

– clipper. sebenarnya untuk menyimpan note juga. tapi clipper sangat membantu saya menyimpan note dengan rapi karena bisa dipisahkan dalam folder-folder. meskipun gabisa searching keyword, berhubung penyimpanan dalam folder spesifik dan tiap catatan dikasih judul, pencarian tetap mudah.

– raja ongkir. ini membantu untuk urusan dagang online. aplikasi ini bisa mengecek tarif pengiriman via ESL, JNE, tiki, POS, dan RPX sekaligus. kl saya sih yes, gatau kl mas anang

– prayer times. ini yang tadi dibilang di awal. buat cek waktu solat dan arah kiblat. dulu saya sempat tinggal di bukan Jakarta dan tak terdengar suara azan. jadi aplikasi ini perlu, terutama ngecek azan maghrib bulan Ramadan. hehe

– RAR for android. sejak punya ini, makin kurang lagi kepentingan laptop. karena file RAR jadi bisa dibuka di henpon

– Glasgow Coma scale. ini buat tenaga kesehatan yang masih belajar. buat menghitung tingkat kesadaran. sempat punya, karena masih belajar. sekarang udah dihapus, bukan karena udah pintar, tapi karena berhenti belajar. takjub aja ada aplikasi ginian

– buku saku dokter. aplikasi lumayan lengkap buat tenaga kesehatan.

– anatomy guide. human anatomy. pernah install waktu training paramedic. begitu training selesai, hapus. haha.

– task & to do list. sempat lama pakai aplikasi ini. agenda yang sudah dimasukkan, kl ga sempat dikerjakan bisa di-reschedule. trus kl sudah waktunya, akan dikasih reminder. enak sih buat organizer. yang bikin tambah suka adalah tiap pagi akan diminta mengecek agenda hari itu, mana yang untuk today mana yang mau dijadikan tomorrow dll. setelah selesai merapikan, akan ada pesan yang muncul dan setiap hari pesannya ganti, positif semua.  suka. yang paling saya ingat pesan “make it happen”, cocok buat eike yang suka berencana tapi tidak dibuat nyata. huh hah. sekarang udah dihapus sih, kepenuhan, dan to do list bisa dibuat di aplikasi lain.

– link 2 SD. ini aplikasi khusus kl henpon android sudah di-root. setelah diroot, aplikasi yang awalnya hanya bisa disimpan di internal memory, jadi bisa pindah ke SD CARD. membantu banget buat orang yang punya internal memory kecil, tapi kebutuhan banyak. saya dulu pakai, sekarang ga. soalnya henpon yang sekarang tanpa rooting pun bisa. yeay!

itu aplikasi yang pernah atau masih ada selama punya android. aplikasi yang dibahas cuma yang agak beda aja dengan aplikasi kebanyakan. semoga menginspirasi ya *ngarep*

*diketik pakai android berukuran 4 inci, dengan 1 jempol, menggunakan color note*
*harusnya developer color note bayar nih*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s