Berhenti Jadi Buruh

bu·ruh n orang yg bekerja untuk orang lain dng mendapat upah (KBBI)

Hari ini adalah hari buruh. Hari ini juga saya resmi tidak lagi menjadi buruh. Berhenti dari segala aktivitas bekerja pada orang lain dan mendapat upah.

Kemarin, hari terakhir menjadi buruh, 99% orang yang saya pamiti bertanya “setelah ini ke mana?”, “setelah ini kerja di mana?”. Pertanyaan macam itu dari dulu susah saya jawab. Karena saya tidak terlalu bagus peruntungannya dalam hal pekerjaan sebagai pegawai. Setiap resign atau habis kontrak, saya tidak dalam keadaan sudah mendapat pekerjaan apalagi sudah ditawari kerjaan baru.

Saya cukup berpengalaman jadi pengangguran. Hehe. Pengangguran menurut term yang dipahami orang kebanyakan. Meskipun saya sendiri tidak merasa menganggur, bagaimana tidak, toh cucian pasti selalu ada dan menunggu dikerjakan. Krik.

Kemarin, ketika berpamitan dengan orang-orang di kantor, saya akhirnya capek juga menjawab pertanyaan mainstream tsb. Kemudian terpikir sebuah jawaban singkat “usaha”. Meskipun jawaban ini seringkali mengundang pertanyaan lebih lanjut dan penjelasan lebih panjang.

Usaha. Itu memang selalu dilakukan. Meskipun tidak berstatus buruh, usaha mah kudu tetap jalan. Makanya dari dulu isian pekerjaan di profile Facebook tidak berubah “bukan bekerja tetap, tapi tetap bekerja”, jabatannya bos, dari dulu hingga sekarang. Hehe.

Hari ini resmi tidak lagi punya atasan dan tidak perlu menunggu tanggal 25 untuk gajian. Hari ini resmi berhenti dari kerja di kubikal dalam ruangan cantik berpendingin ruangan. Tapi hari ini saya tetap harus jadi atasan untuk diri sendiri dan alhamdulillah, ada transferan masuk ke rekening padahal bukan tanggal 25. Juga tetap kerja meskipun tidak di belakang meja dan memungkinkan sambil rebahan. Karena berhenti jadi buruh, bukan berarti berhenti usaha.

Selamat hari buruh untuk semua orang yang masuk dalam definisi hari buruh menurut KBBI. Selamat hari buruh untuk mereka yang tidak merasa buruh padahal sebenarnya mereka juga buruh. Selamat hari buruh buat mereka yang suka nyinyir pada buruh yang lagi demo padahal kl UMP naik mereka juga menikmati imbasnya. Selamat hari buruh untuk mereka yang berpeluh bekerja, berusaha, demi menafkahkan diri sendiri dan orang-orang yang menjadi amanah mereka.

Leave a Reply

