Banjir di Utara

aceh utara banjir.

adakah yang tau kl aceh utara sekarang sedang banjir? saya yakin tidak banyak. atau mungkin bahkan tidak ada. beritanya memang tidak seksi untuk dibahas, makanya sejauh ini saya tidak lihat ada yang share di timeline. tapi sebenarnya banyak media online yang sudah memberitakan (tidak tahu kl berita di TV, saya sudah lama ga nonton TV soalnya).

langkahan banjir.

waktu pertama kali dengar dari pengajar muda yang sedang bertugas di langkahan, saya kaget. desa tempat saya tinggal dulu dilanda banjir. penduduk desa mengungsi. kalut. itu yang saya tangkap dari si penyampai berita.

geudumbak banjir.

geudumbak adalah nama desa tempat saya tinggal dulu. kecamatan langkahan, kabupaten aceh utara. dulu, waktu saya tinggal di sana, banjir menjadi salah satu ancaman yang saya takutkan.

saya masih ingat betul suatu hari di musim hujan, saya sedang berada di kota lhokseumawe. hari itu ada urusan di kota dan rencananya besok masih ada. tapi kemudian adik (angkat) saya menelepon “kak Ludi pulang! kata muhadir sungai udah tinggi. takutnya banjir kak. barang kak Ludi banyak banget”. mendengar berita itu saya panik sekali (bahkan lebih panik ketimbang waktu dengar berita ada penembakan di langkahan, hahaha). saya membayangkan semua barang-barang saya di kamar diletakkan di atas lantai, karena tidak ada meja, dan lemari tidak cukup. kalau sampai pakaian, buku-buku, dokumen dan berbagai media pembelajaran harus terendam banjir, itu seremnya bukan main bagi saya saat itu. maka, meskipun sedang di kota, dan ada kemungkinan besok masih ada keperluan jadi lebih efisien jika bermalam di kota, sayapun segera menempuh jarak 70 km, pulang saat itu juga.

kemudian saya tahu, banjir terakhir di desa itu sudah beberapa tahun lalu. tidak seperti orang kampung Melayu, Jakarta yang kena banjir setiap musim hujan, orang geudumbak kena banjir mungkin 5 tahunan. jadi saya pikir kepanikan saya tentang banjir berlebihan.

dan ketakutan itu terjadi di tahun ini.

aceh banjir.

dari situs berita online yang saya baca, jangkauan banjirnya meluas. kini 21 dari 24 kecamatan terendam. Kecamatan Langkahan termasuk yang terparah dengan banjir di empat desa dan masing-masing ketinggian air antara satu hingga dua meter, serta sebanyak 305 orang mengungsi.

saya yang sudah tidak tinggal di aceh utara hanya bisa berdoa. semoga Allah senantiasa melindungi dan memberi pertolongan.

7 thoughts on “Banjir di Utara

Leave a Reply

