Olimpiade Serigala Cerdas

belasan tahun lalu, abang teman saya sebel banget lihat tayangan planet remaja. kata dia “emangnya remaja kaya gitu semua?!”. ya, dia merasa planet remaja tidak mewakili keseluruhan remaja2 Indonesia, hanya sebagian kecil saja.

tapi bukankah memang begitu media kita menggambarkan? media hanya menayangkan hal yang laku dijual. efeknya, seringkali membuat masyarakat salah paham. masyarakat jadi berpikir yang ditayangkan di TV itulah realita sepenuhnya. tidak hanya kehidupan remaja, tapi juga suasana sekolah, kehidupan orang Jakarta, dll.

maka menonton Olimpiade Indonesia Cerdas rasanya menyejukkan. tayangan ini memberikan gambaran sisi lain remaja. di tengah gambaran remaja yang kerjanya membully teman, sibuk pacaran, kepada guru tidak sopan, ditunjukkan remaja yang super pintar, santun, soleh dan membanggakan. dan kabar baiknya lagi, mereka manusia sebenarnya, bukan harimau, vampire ataupun serigala.

semoga para pelaku industri pertelevisian itu banyak yang terbuka hatinya. merelakan kurangnya pemasukan dari tayangan tak bermutu jadi kebaikan dari tayangan mencerahkan. karena benda kotak itu tak melulu hanya sekadar tontonan, tapi juga tuntunan.

~niatnya nulis status, etapi ko jadi panjang, yaudah jadi tulisan. maaf ya kl aneh

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s