[catatan #2] Jalan Sendiri

“mba ludi pulang sama siapa?
gak ada teman mba?  trus naik apa?”

Teman sekelompok laki-laki bertanya begitu sebelum saya balik ke penginapan.  Waktu saya tanya balik memangnya kenapa,  toh saya juga sudah biasa kemana-mana sendiri.  Dia jawab “Kasian aja mbk, apa lagi cewek”.  Lalu dia memberi rekomendasi teman sekelompok saya yang lain yang mungkin bisa diajak jalan bareng.

Ini bukan hal yang biasa bagi saya,  dikhawatiri karena akan pergi sendirian padahal hanya menempuh Jakarta-Puncak.  Bapak di rumah saja biasa saja,  ga cemas begitu,  hehe. Mungkin baginya perempuan pergi sendirian itu mengkhawatirkan.  Dan pasti dia tidak tahu bagaimana hidup seorang Pengajar Muda.

Semasa jadi PM, kami biasa menempuh jarak desa-kota puluhan kilometer sendiri.  Dipersulit pula dengan ketidakjelasan sarana transportasi yang akan digunakan.  Saya pernah menjalani waktu-waktu menunggu di pinggir jalan,  pinggir hutan karet,  menunggu apa saja,  siapa saja yang lewat dan bisa ditumpangi sampai jalan besar. Yang lewat itu hampir selalu orang tidak dikenal yang saya minta tebengannya atas dasar percaya dan prasangka baik saja. Hidup seperti itu, mungkin tidak terbayangkan bagi orang kota.  Apalagi oleh cewek gendut,  jilbab,  dan terlihat penakut ini.

Kemudian saya menginsafi, tak peduli bagaimana diri saya yang sekarang tercitra, semua pengalaman ini sungguh merupakan bagian hidup yang perlu disyukuri.  Senang sekali pernah menjalaninya. Biarlah orang tidak tahu, tapi seperti yang kawan saya pernah bilang “pengalaman yang mengantarkan ke hidup lo yang sekarang,  lo harus syukuri,  Ludi”

6 thoughts on “[catatan #2] Jalan Sendiri

  1. eeehhh… sudah bisaaa 😀

    gue jg kemana-mana biasa sendiri. biasa aja, lebih enak malah. banyak yg bisa dilakukan di perjalanan yg sendiri. seringnya sih molor :p

Leave a Reply

