[catatan #19 Ramadhan] Multi Level Pahala

Kemarin pagi saya baca komik karangan Vbi Djenggoten. Ini baru kali pertama saya baca komik beliau dan saya baru tahu ternyata komiknya islami. Komik ini mirip Beni and Mice, hanya saja fenomena yang diangkat dihubungkan dengan fenomena ummat muslim sehari-hari.

Pesan yang disampaikan dalam komik ini sebenarnya menohok sekali. Tepat mengangkat kekeliruan yang terjadi dalam keseharian dan sangat biasa dilakukan dalam masyarakat. Karena kemasannya adalah komik, pesan yang disampaikan jadi lebih ringan, enak dibaca dan tidak terlalu menggurui.

Saya membatin, keren juga nih dakwah lewat komik. Meskipun mungkin kelihatannya sederhana. Tapi sebenarnya, andai pesan-pesan dalam komik ini menyadarkan pembacanya, nilai yang dituliskan sampai, apalagi sampai menggugah untuk dijalankan, wah luar biasa. Tabungan kebaikan bagi si penulis komik.

Sorenya, saya ngobrol dengan ibu saya di jalan. Awalnya karena melihat kucing melintas, kami jadi membahas tentang perlakuan orang kebanyakan terhadap kucing, termasuk bapak saya
“sejak dengar ceramah di masjid, Bapak sekarang jadi baik sama kucing”, “kalau ada tulang ikan dia sisihkan buat dikasih ke kucing”
Saya sendiri belum pernah dengar ada ceramah di masjid tentang memperlakukan binatang dengan baik, tapi kata ibu saya ada. Luar biasa, dari tausiyah sederhana, seorang ustadz di masjid bisa menginspirasi orang lain untuk berbuat baik pada binatang. Saya bayangkan, ini baru satu bapak saya, mungkin juga ada jamaah lainnya. Ini baru di 1 masjid, belum termasuk masjid-masjid lainnya. Tabungan kebaikan bagi si ustadz.

Terus terang saya iri pada mereka. Pada ustadz, pada komikus, pada orang-orang yang berdakwah, yang dari lisan dan perbuatan mereka menularkan kebaikan. Saya membayangkan ini seperti MLM, namun bukan jualan produk, tapi jualan inspirasi amal soleh. Ketika kita mengajak orang lain mengerjakan kebaikan, lalu orang tsb mengerjakannya, maka dia mendapatkan pahala kebaikannya juga. Jika orang itu mengajak orang lain lagi, dia kecipratan pahalanya lagi, begitu terus. Bayangkan kalau dia ada di posisi “crown ambassador” seperti di MLM, sudah berapa bonus pahalanya??

Amalan seperti ini sama sekali jangan diremehkan. Karena ia tidak akan terputus meskipun kita mati. Bahkan sebuah MLM sekalipun tidak akan memberi bonus selamanya ketika si anggota sudah tiada. Tapi amalan ilmu yang bermanfaat ini terus akan mengalir selama ilmu kita, atau ajakan kebaikan kita masih terus dimanfaatkan. Siapa yang ngga mupeng dengan beginiaaaan??

Karenanya saya berdoa, semoga dari aktivitas sehari-hari yang saya lakukan, dari tulisan yang dibagikan, dari kata yang terlontarkan, dari message-message yang dicopas dan diteruskan, ada diantaranya yang jadi ajakan kebaikan atau ilmu bermanfaat yang menjadi investasi kebaikan.

Barangsiapa yang mengajak pada kebaikan, maka ia memperoleh pahala seperti
orang mengerjakan kebaikan itu tanpa dikurangi sedikitpun pahalanya. Dan siapa yang mengajak pada keburukan,ia berdosa seperti orang yang mengerjakan dosa itu, tanpa dikurangi sedikitpun dari dosa mereka yang mencontohnya itu.(HR. Muslim)

 

 

~makanya saya sering klik share alih-alih like, kalau memang sekiranya ada konten bermanfaat untuk diteruskan

5 thoughts on “[catatan #19 Ramadhan] Multi Level Pahala

  1. Saya langsung teringat dg ucapan DR Adian Husaini:
    “Dosa Pemikiran itu tidak ringan, karena menyebarkan pemikiran yang salah juga berat dosanya, apalagi jika kemudian diikuti oleh banyak orang.”
    Para bebek JIL itu pada sadar gak ya?
    Semoga kita terhindar dari perbuatan menjijikkan seperti itu.

    • itu serem banget emang pak, kemarin juga saya kepikiran sama gembongnya JIL. serem banget itu dosanya :((

      karena selain ada pahala tidak terputus ketika mati, ada dosa tidak terputus juga. na’udzubillah

      • Betul, udah lepas jiwanya, dan sudah berada di alam kubur, namun yang masih hidup di dunia masih terus-terusan melaknatnya ketika membaca peninggalan-peninggalan tulisannya yang menyatakan ingkar kepada Allah.
        Serem ya.

Leave a Reply

