#1 Ramadhan

Berhasil menikmati bulan ramadhan rasanya selalu melegakan bagi saya. Apa pasal? Entah sudah berapa tahun, tiap menjelang ramadhan saya seolah punya firasat sedikit lagi akan mati. Jadi bulan rajab dan sya’ban saya jalani dengan ketar-ketir apakah tahun ini berkesempatan jumpa kembali dengan bulan mulia ini. AlhamduliLLAH tahun ini masih diberi.

Kalau diingat-ingat, saya memang sering sekali merasa ajal kian dekat. Firasat pertama saya rasakan ketika masih duduk di bangku SMA. Waktu itu saya pernah cerita perasaan saya itu pada Atikah. Tidak jauh berselang, secara tidak sengaja saya menghela nafas panjang dan terdengar oleh Pak Riefdhal. Beliaupun menanggapi “orang yang suka menghela nafas umurnya pendek lho”.

Komentarnya sangat sejalan dengan kerisauan saya saat itu. Tikah yang juga mendengar komentar Pak Riefdhal mencoba menenangkan saya dengan tidak membenarkan kata-kata tsb. Mereka berdua mungkin sudah tidak ingat akan kejadian ini, tapi saya masih ingat betul. Tapi nyatanya saya masih hidup, setidaknya sampai sekarang, mungkin hingga kini saya masih sering menghela nafas.

Namun ternyata firasat macam itu tidak selalu sukses membangkitkan kesadaran dan konsisten dengannya. Buktinya saya masih begini-begini aja, dengan ketaqwaan yang kurang dan kelalaian yang masih sering dilakukan. Padahal sudah sering merasa sedikit lagi mati. Kadang kala dzikrul maut memang efektif melipatgandakan semangat kebaikan dan menjauhi kemungkaran. Tapi yang namanya istiqomah itu seperti memegang belut. Licin. Gampang terlepas.

Rasanya memang pantas jika tiap tahun selalu ada semacam peringatan “jika ini ramadhan terakhir kita, lantas bagaimana kita menjalaninya?”. Peringatan ini rasanya tidak pernah basi, meskipun tiap tahun gambarnya itu-itu lagi. Karena begitulah manusia, perlu selalu diingatkan. Semoga saya tidak membuat Ramadhan kecewa lagi.

Sekali lagi segala puji hanya bagi ALLAH atas nikmat kehidupan yang masih saya hirup hingga hari ini.

One thought on “#1 Ramadhan

Leave a Reply

