Orang Dari Dunia Maya

~ini note cukup geje. Tak apa diabaikan

Suatu hari ada seorang kawan yang saya kenal dari multiply ikutan agenda saya dan seorang teman. Teman saya bertanya
“kenalan dari mana?”
Dengan perasaan tidak enak saya jawab “dari internet”.
Yah, sampai sekarang saya masih merasakan “awkward moment” jika harus memperkenalkan seorang kawan dari dunia maya. Mungkin karena-saya merasa-orang memiliki anggapan yang kurang baik dengan aktivitas berkenalan di dunia maya.

Meskipun sebenarnya semua orang yang saya kenal di dunia maya bukan karena saya ngajak-ngajak orang lain kenalan di situs pertemanan. Saya juga tidak pernah ikutan situs biro jodoh apapun bentuknya. Tidak pernah meminta pertemanan dari orang yang tidak saya kenal atau tidak ada irisannya sama sekali di jejaring pertemanan. Hampir semua kenalan di dunia saya dapatkan dari ngeblog, perkenalan yang diawali dari aktivitas blogwalking, saling mengunjungi blog. Perkenalan yang diawali dari produk tulisan dan bukan yang lain. Tetap saja “kenal dari internet” rasanya masih janggal untuk disebutkan. Karena saya cemas dengan kesan yang terpikir oleh lawan bicara saya. Heu, gw terlalu negative apa yah?

Lain waktu teman saya bercerita tentang teman kantornya, dan dengan ajaibnya ternyata saya tahu orang tsb. “oh iya gw tau orang itu, id multiply-nya xxx”
Teman saya takjub karena saya –lagi-lagi-mengaku kenal seseorang lewat perantaraan internet. Diapun bilang “lo emang orang dari dunia maya ya”. Euh. Inilah yang ngga enak.

Namun tanpa bisa dipungkiri, teman yang saya kenal dari internet memang banyak. Ngeblog di multiply dulu memfasilitasi saya untuk tahu (tidak bisa dibilang kenal juga sih kalau menggunakan kriterianya Umar bin Khattab) berbagai macam orang dari berbagai tempat di Indonesia. Ada yang sekadar baca tulisan dan berkomentar, ada yang sampai tukaran nomor kontak, ada yang sampai kopdaran, ada yang malah jadi teman akrab.

Datang kondangan yang tak ubahnya kopi darat sabtu lalu membuat saya teringat vonis “orang dari dunia maya” ini lagi. Sang pemilik hajat saya kenal dari internet, kontak di multiply dulu, dan tamu-tamunya juga orang-orang dari jejaring yang sama. Banyak diantaranya (bahkan hampir semuanya) adalah orang yang belum pernah saya temui sebelumnya, hanya bertemu lewat tulisan blog dan kolom komentar. Jadi seperti biasa kami kemarin “kenalan” lagi, sebut nama dan sebut id multiply. Janggal? Kalau di tengah kawan-kawan dunia maya sih tidak, Karena kami kan mahluk yang sama. Hehe.

Teman-teman dari dunia maya ini, meskipun tidak semuanya sejati. Maksudnya sejati dalam artian benar-benar berteman seperti biasanya, tapi kalau bertemu rasanya seperti langsung bisa akrab begitu saja. Dan yang tidak kalah penting, perkenalan begini juga membawa manfaat. Jadi, kalau mengingat asiknya kopdar kemarin, punya jejaring yang luas, biarlah dibilang orang dari dunia maya. Yang penting bisa eksis juga di dunia nyata. Halah.

11 thoughts on “Orang Dari Dunia Maya

  1. sama nih dengan saya.
    suka bingung kalau ada yang tanya soal teman. pas mau bilang.. kenal di twitter. langsung pada bengong. padahal banyak yang saya kenal dari sana.

  2. ahahaha.. emang aneh gitu yaa.. wekeke
    kalo ibuq cuma suka geleng2..
    nginep di jakarta di mana? di t4 temen.. temen opo? multiply.. *glodaaaak =)))

Leave a Reply

