Status: Pernah Pintar

apa hubungan gambar ini dengan keyword "reminder"?

apa hubungan gambar ini dengan keyword “reminder”?

Beberapa hari lalu ada seseorang komen “emangnya aku SOL?”. Jujur, saya udah lupa-atau bahkan mungkin tidak pernah ingat-apa arti SOL. Lalu via japri saya tanya padanya

“SOL apaan sih?”

“space occupaying lesion”

Dan sayapun terpikir untuk bertanya yang lain

“kl SLE?”

“Sistemik Lupus Eritemosus..haha ini mah kepanjangannya doang”, “jadi kalau sol tuh macam tumor atau lesi di otak ka..dx medis”, “yaa ka ludi tau kali”

Lalu keisengan sayapun muncul

“kalau app?”

“appendisitis

“cad?”

“hahaha”

“ko ketawa?”, “ketara banget kl gw ngetes ya?”

“hahaaa iya kaga mungkin orang kaya kaka ga tau. Kecuali mahasiswa ku yang nanya”

“mungkin ko”, “emang aku apaan sih?”

“sebagai orang yang pernah membimbing kdpk pra profesi gw hahaaaa”

Bagi saya perbincangan itu menarik, karena selain saya bisa bertanya dan kemudian iseng ngetes, juga terbongkar sebuah kesan akan saya di mata si lawan bicara. Dia sepertinya memandang saya terlalu positif sehingga merasa beberapa pertanyaan yang saya ajukan tidak mungkin tidak saya ketahui jawabannya. Padahal, yah benar juga sih, ada pertanyaan yang saya ngetes tapi ada pula yang saya beneran tidak tahu jawabannya.

Adik kelas saya ini mengungkit sesuatu yang saya tidak pernah terpikirkan lagi. Dulu, sebelum dia masuk kuliah profesi saya memang pernah menjadi salah satu kakak kelas (baru saja lulus profesi) yang membantu membimbing mereka dalam rangka persiapan masuk ke klinik. Saat itu saya mengampu topik EKG. Sampai-sampai pernah di suatu saat random, saya sedang belanja di minimarket dekat rumah ada sebuah sms masuk dari salah seorang adik kelas isinya pertanyaan tentang grafik EKG. Wuih, berasa orang pinter banget saat itu.

Namun seperti yang saya jawab ketika dibilang tidak mungkin orang seperti saya tidak tahu, mungkin. Sebetulnya diantara pertanyaan ngetes saya untuknya tadi, ada satu singkatan yang saya baru ingat lagi beberapa hari. Beberapa hari lalu saya dengar singkatan “CAD” dan saya lupa kepanjangannya. Saya coba ingat, coba menebak tapi rasanya tidak ada yang cocok, maka sayapun googling. Singkatan yang mungkin rasanya remeh dan saya dulu pernah tau, tapi sejatinya seorang Pemi Ludi sangatlah mungkin lupa dengannya. Sekitar 2 tahun saya tidak bersinggungan dengan dunia medis dan terpapar dengan materi keperawatan, jadi jangankan CAD, menghitung tetesan infus juga saya sempat lupa. Apalagi menganalisa EKG sekarang, di mana pasang sadapannya saja saya pernah tidak ingat.

Tabiatnya ilmu memang begitu, mudah lupa. Jika tidak tersimpan di memori jangka panjang, jangankan 2 tahun, 2 hari juga mungkin sudah wassalam. Apalagi tidak diaplikasikan, tidak terpapar dengan ilmu tsb, maka tidak ada kesempatan untuk mengulangnya kembali. Jangan aneh jika kita tidak smarter than a fifth grader, bukan karena kita bodoh, tapi karena ilmu yang masih melekat adalah ilmu yang biasa kita gunakan sehari-hari saja.

Hari ini juga baca tulisan fajar tentang kejadian lupa dirinya akan ilmu. Dua kali bertanya akan pertanyaan yang sama pada orang yang sama pula. Sebabnya karena lupa, mau tidak mau jadi bertanya lagi. Apakah kesannya fajar ini main-main? Tidak. Adalah niscaya kalau dia lupa jika memang tidak diulang. Tapi apakah kita salah jika melupakan ilmu yang pernah kita dapatkan? Buat saya jawabannya “tidak juga”. Tergantung kebutuhan. A fifth grader juga tidak smarter dari kita ko.

Bukanlah mustahil seorang sarjana melupakan materi kuliahnya. Bukan tidak mungkin seorang magister tidak lagi bisa mengerjakan soal SNMPTN. Karena tabiatnya ilmu adalah mudah terlupa. Maka janganlah pernah ragu untuk mengulang pelajaran. Atau juga jangan ragu untuk mengajarkan berulang.

baca juga tulisan jadul tapi nyambung sama tulisan ini Am i “bego-er” than a 5th grader?

gambar diambil dari corbisimages.com

4 thoughts on “Status: Pernah Pintar

Leave a Reply

