Jatuh Cinta di Iboih

bannner

Udah lama pengen cerita tentang pengalaman traveling. Eh ada lomba nulis tentang aceh dari @iloveaceh. Yaudah sekalian Jika ditanya mana yang lebih saya suka, gunung atau pantai, untuk saat ini saya akan menjawab pantai. Mungkin karena saya gendut dan tidak kuat menanjak makanya wisata pantai terasa lebih menyenangkan. Hehe. Tapi tidak hanya itu, ketika berwisata ke pantai saya merasa ada lebih banyak aktivitas yang bisa dilakukan ketimbang di gunung. Selain menikmati pemandangan, di pantai kita bisa naik perahu, banana boat, berenang, bahkan snorkeling atau diving (yang terakhir saya belum pernah). Kecintaan saya terhadap pantai semakin terbentuk dan menjadi pejal karena saya mengunjungi pantai-pantai yang luar biasa indah di tahun 2011 dan 2012.

Sebenarnya saya mulai jatuh cinta pada pantai ketika ke pangandaran beberapa tahun lalu. Saat itu saya menyadari tanpa berenang, tanpa masuk ke dalam air, berbasah-basahan di pinggir pantai saja sudah membahagiakan. Tapi tidak sampai membuat saya takjub dan terpesona seperti Pantai Iboih di pulau weh. Pantai di ujung barat Indonesia ini sungguh membuat saya norak. Sejak di pelabuhan Balohan saja sudah takjub karena dapat melihat ikan-ikan di bawah kapal. Airnya jerniiiih! Maklum, saya anak Jakarta yang biasa lihat kali warnanya keruh jadi liat air jernih langsung melongo. Begitu sampai di pantai Iboih, waah senangnya bisa lihat dasar lautnya!

difoto dari dermaga dasarnya terlihat

Waktu itu kami memutuskan untuk tidak berlama-lama di Iboih karena kabarnya pantai di pulau Rubiah lebih bagus. Pulau Rubiah adalah pulau yang terletak di seberang pantai Iboih. Jadi di Iboih kami pinjam peralatan snorkeling, lalu kami sewa perahu untuk menyeberang ke Rubiah, janjian dengan tukang perahu kapan akan dijemput lagi. Oh iya, waktu itu akhirnya kami tidak menyewa perahu biasa, kami naik banana boat. 5 orang naik banana dan sisanya (2 orang) naik perahu yang menrik banana. Ini pertama kalinya saya naik banana boat. Seru!

dari ujung dermaga

Tidak menyesal sampai di Rubiah. Memang indah. Kamipun langsung snorkeling. Dimanja dengan terumbu karang dan ikan-ikan. Lagi-lagi, anak kota seperti saya, norak melihat ikan berenang bareng dengan saya. Yang menarik adalah saya bisa lihat nemo dan dory secara live! Berhubung teman saya tahu kalau saya ngefans dengan dory, ketika dia melihat ikan itu saat snorkeling, dia akan berseru memanggil saya “ludi kesiniiiii ada doryyyyy!!” uh, Ludi ketemu Dory seperti fans ketemu idolanya. Ahahah.

sayang banget ga punya kamera under water, gabisa poto dory

Malam hari kami makan kuliner khas sabang. Yang menarik adalah sate gurita! Sementara saya pernah makan takoyaki dengan potongan kecil gurita seharga Rp 10.000 sebanyak 4 butir. Kata teman saya yang membuat takoyaki mahal adalah guritnya (yang sekali lagi, cuma potongan kecil itu). Sementara di sabang sate gurita, mungkin potongan guritanya 7 kali gurita di takoyaki, harganya sekitar Rp 10.000 juga satu porsi. Gurita ngga mahal di sabang.

Sebenarnya saya sudah 2 kali ke pulau weh, tapi keduanya saya tetap tidak puas. Saya berjanji dalam hati kelak harus kesana lagi.

dari ketinggian pulau weh

11 thoughts on “Jatuh Cinta di Iboih

1. mbak, kalo bisa ditambahin lagii. trus fotonya juga tambah banyak. tag-nya tambah banyak. ceritain juga di aceh lg ngapain. klo bisa sama harga2 apaa gitu. biasanya lomba blog pemenangnya yang tulisannya banyak 😀

• iya dibatasin. aneh kan? jadi gabisa cerita banyak tentang aceh, padahal udah nulis sampai 1000 kata lebih. hehe

iya yah, pas buka file-file fotoku aku jadi sadar kl simpanan fotoku waktu ke iboih ga banyak, dan ga menarik juga. soalnya waktu itu fokus buat “main” karena udah terlalu antusias dengan pantai dan lautnya yang jernih, ga kepikiran poto-poto :p