Mood Yang Tak Sesuai Tema

Apakah menulis itu selalu terkait dengan mood? Jawaban awamnya iya. Tapi kalau jawaban para motivator atau trainer kemungkinan besar tidak. Saya pernah membaca sebuah buku, si penulis bilang bahwa jika kita ingin menulis tapi tidak ada mood maka dia menyarankan untuk terus menulis. Pegang alat tulisnya dan tulislah apapun di atas kertas. Niscaya akan jadi sebuah tulisan.

Selain mood, ada lagi yang bisa dikambinghitamkan dalam tidak munculnya sebuah tulisan, ia adalah ide atau inspirasi. Namun pada hemat saya, seringkali mood berkawan baik dengan dua hal tersebut. Ia akan datang kalau salah satu atau salah dua hal itu ada.

Kemudian pertanyaannya, apakah opini dari penulis tadi benar, bahwa meskipun tidak ada mood (ataupun ide) tulisan bisa tetap jadi kalau kita paksakan. Jawabannya bisa iya bisa tidak. Iya, jadi sebuah tulisan. Tapi tidak sesuai dengan yang mungkin sebenarnya kita harapkan.

Suatu hari saya pernah diharuskan membuat tulisan. Tulisan yang berupa jawaban dari pertanyaan yang diajukan pada saya. Lama saya duduk di depan laptop untuk membuat tulisan tersebut, tidak kunjung rampung juga. Setelah satu jam saya duduk, jari saya mulai wara-wiri di atas keyboard. Hasilnya sebuah tulisan. Tapi isinya bukatn jawaban pertanyaan melainkan semacam curhat terselubung dari keadaan mandek ide tersebut. Dan saya upload tulisan tersebut di blog multiply ini (tapi noreply).

Pun dengan hari ini. Tepatnya beberapa hari ini. Ada lomba yang ingin saya ikuti. Temanya menarik. Tapi sampai hari ini yang merupakan deadline dari lomba tersebut saya tidak kunjung bisa memulai tulisannya. Kemarin-kemarin tidak ada mood untuk menulis. Hari ini ada namun tidak demikian dengan idenya. Bingung mau menulis apa. Akhirnya lagi-lagi jari saya (jempol doang) hilir mudik di atas screen handphone dan mulai menulis. Tapi bukan untuk tulisan dengan tema yang diinginkan panitia lomba. Kalian tahu lah tulisan apa.

Sleman, 12 November 2012

5 thoughts on “Mood Yang Tak Sesuai Tema

Leave a Reply

