Setelah 5 Tahun Menumpang

Suatu sore belum lama ini di masjid kampus, saya berbincang dengan seorang kawan. Kawan saya ini sebenarnya adalah kawan saya di kampus, beda fakultas, tapi yang semakin merekatkan hubungan kami adalah selain berteman di dunia nyata kami juga berteman di dunia maya. Sebutlah nama kawan saya ini ai, hehehe, kami bertetangga di kampung multiply. Kebanyakan kontak saya pasti tahu.

Sore itu adalah pertemuan kami sejak sekitar 8 bulan lamanya. Sore itu adalah sore dimana saya belum lama kembali ke jakarta setelah merantau satu tahun lebih lamanya. Sore itu lagi-lagi seperti layaknya pertemuan kami yang biasanya, obrolan kami tidak terlepas dari menyinggung multiply. Sore itu kepastian bahwa rumah kami akan digusur dari kampung multiply belum tersebar beritanya.

Saya bilang ke ai bahwa 5 tahun ngempi telah berkontribusi dalam membentuk diri saya yang sekarang. 5 tahun di multiply, berinteraksi dengan banyak orang di dunia maya, yang sebagian besar hanya saya kenal lewat tulisan, sebagian lainnya saya tidak kenal sama sekali membawa pengalaman lain bagi saya. 5 tahun ini saya belajar, insya ALLAH. Belajar menerima perkenalan, belajar menikmati rasa sayang, sekaligus belajar menangani fitnah, belajar menyikapi amarah. Belajar menanggapi sekaligus belajar mengabaikan. Belajar bangkit dari kejatuhan, sekaligus belajar introspeksi dan menoleh ke belakang. Mungkin terasa lebay, tapi memang begitu ko sensasinya ngempi buat saya.

Selama setahun lebih ini aktivitas ngempi saya memang jauh berkurang. Karena kesibukan juga keterbatasan jaringan. 8 bulan di aceh sinyal ada untuk sms, terbatas untuk menelepon, tak sanggup untuk online. 4 bulan di muara enim, bahkan sms saja tidak bisa. Hehe. Setelah kembali ke jakarta ini, sempat terpikir untuk juga memang untuk ngeblog di tempat lain, karena pertimbangan “suasanaâ€? ngeblog biar lebih terasa. Jadi waktu dengar kabar MP mau digusur rasanya tidak terlalu berat untuk meninggalkan, toh memang sudah berkurang kedekatannya.

Kontak saya yang sejak 2007 sudah banyak yang tidak ngempi lagi sejak dulu. Kawan lama teman ber-OOT ria bersama juga sudah pada bubar entah kemana. Si bos iman sudah lama ga ngempi, ka iman juga saya ga tau lagi, diny dan elisa sudah angkat kaki, zulfan sudah punya rumah baru dari dulu. Apalagi kabarnya sekarang orang sudah malas baca blog. Sekarang jamannya micro blogging. Menulis malas, baca panjang sedikit enggan, tapi berkicau semangat banget.

Tapi kemudian saya baru sadar kalau rasanya berat juga jika MP-ers harus tercerai berai. Waktu ramai-ramai berbagi pengalaman ngempi di twitter dengan hashtag #TKSMULPID, saya jadi menemukan lagi para MP-ers disana. Ditambah beberapa hari lalu Ai mention saya di twitter, membagi sebuah link blog kawan MP yang menyebut nama saya. Ah, jadi teringat lagi mas roel, mas ogie. Kemudian tempat saya belajar seperti om syaikh dan pak syamsul. Yang asik juga buat cari info seperti pak iwan atau ngajak mikir seperti fatah. Lalu kawan-kawan seperti aachan, iqbal, diah, ii, puput, omtop, rama, wenny, dll, yang dipertemukan di multiply. Kawan saya tidak banyak, yang suka komen disini juga hanya beberapa, tapi kalau kehilangan sedih juga.

Wah, penggusuran ini ternyata rasanya benar-benar seperti penggusuran. Seperti penghuni kampung yang diceraiberaikan. Semoga masih tetap berbagi inspirasi dimanapun rumah baru kita nanti.

Salam,

Pemikirulung yang belum mulai pindahan tapi rencananya ingin memfungsikan lagi saja blogspot yang sudah lama ditinggalkan.

14 thoughts on “Setelah 5 Tahun Menumpang

  1. Iya Ludi… sebelum berpisah dengan MP, gw baca2 tulisan lama.. Sedih juga. MP udah nyimpen banyak kenangan dan cerita-cerita sederhana dari hari2 yang udah lewat, yang kalau dibaca lagi ternyata berharga banget.

Leave a Reply

