Aku Bersyukur

Ada satu games yang berkesan sewaktu pelatihan intensif Pengajar Muda. Bukan berarti hanya satu ini dan yang lain tidak, tapi games ini cukup lekat dalam ingatan saya. Mungkin istilah game kurang tepat, tapi saya bingung cari isitilah yang lain (halah). Aturan mainnya sederhana, dari satu kelas kami dibagi dalam kelompok kecil. Satu kelompok terdiri dari sekitar 6 orang. Dalam kelompok kami berdiri membuat lingkaran, dan secara bergantian kami diminta untuk menyampaikan apa yang kami syukuri hari itu.

Games-nya dinamakan âaku bersyukurâ?. Saya tidak lagi ingat bagaimana teknis menggilir siapa yang berbicara. Tapi yang pasti dalam satu permainan itu, kami bisa berkali-kali mendapat giliran. Pernyataan kami harus diawali dengan kata âaku bersyukurâ?, dan kemudian dilanjutkan dengan alasan yang membuat kami bersyukur hari itu, hal-hal apa saja yang kami syukuri.

Pada giiliran pertama, anak-anak serius sekali bersyukurnya, hehe. Maksud saya, semua anak menyatakan bahwa mereka bersyukur karena hal-hal yang tidak jauh dari ilmu atau pengetahuan baru apa yang mereka dapat hari itu. Tapi kemudian, setelah beberapa giliran kami menyatakan âaku bersyukur karena hari ini belajar tentang ….â? atau âaku bersyukur hari ini saya tahu bahwa …â?, dan pernyataan sejenis, salah seorang teman saya mendobrak dengan berkata âaku bersyukur karena hari ini menu makanannya rendangâ?. Setelah giliran kesekian, kamipun akhirnya bersyukur dengan berbagai alasan sederhana dan mungkin terdengar nyeleneh.

Saya suka game ini, karena kami benar-benar dipicu untuk bersyukur. Melalui game sederhana ini, kami jadi berpikir, mencari-cari alasan, mengingat-ingat, hal-hal apa saja yang kami dapatkan di hari itu yang bisa kami syukuri. Yang sangat menarik adalah, bahwa ternyata kami bisa menemukan banyaaaaak sekali. Akhirnya saya menyadari bahwa berbagai hal, mulai dari yang hebat sampai biasa, mulai dari yang kompleks sampai sederhana, layak dan patut untuk disyukuri. Satu lagi yang membuatnya menarik, saya jadi bisa terinspirasi dari orang lain untuk ânyontek bersyukurâ?. Kadang kita tidak terpikir bahwa satu hal perlu disyukuri, tapi ketika mendengar teman dalam kelompok berkata âaku bersyukur karena ..â? kemudian disebutkan alasannya, saya jadi tersadar âoh iya ya, hal itu perlu disyukuri jugaâ?. Sehingga, setiap mendengar teman sekelompok menyatakan kesyukurannya, saya kemudian mengulanginya dalam hati âsaya jugaâ?, alhasil kesyukuran tiap orang bisa jadi kesyukuran saya juga. Inspiratif.

Hari ini saya makan enak. Biasanya juga saya makan enak (yaiyalah, kalau tidak enak mana mungkin dimakan). Tapi hari ini enaknya spesial. Saya makan sea food dengan beraneka macam, saya memang suka sea food, hidangannya tersedia banyak, saya bebas mencicipi semuanya, dan yang paling penting adalah, ini gratis. Hoho. Puas sekali. Sampai-sampai di perjalanan pulang tiba-tiba terlintas âoh alhamduliLLAH, senangnya dapat makan siang enak banget hari iniâ?. Kemudian saya teringat game âaku bersyukurâ?. Sayapun berpikir, dalam sehari ini, tidak hanya urusan perut yang bisa saya syukuri, tapi sesungguhnya ada banyak lagi.

Mikir-mikir di perjalanan pulang itu berlanjut sampai ke rumah. Dan akhirnya saya memutuskan, setiap hari, rencananya sebelum tidur, saya akan membuat daftar âaku bersyukurâ? untuk hari yang dilewati. Saya berencana untuk membuat jurnal harian sebelum tidur yang berisi hal-hal apa yang saya syukuri hari itu. Atau, kalaupun tidak ditulis dalam jurnal, saya berpikir sepertinya akan menarik jika ditweet dan diberi hashtag #akubersyukur. Karena terinspirasi dari game âaku bersyukurâ? tadi. Siapa tahu, dengan melihat tweet saya tentang syukur hari itu, jadi ada yang âmencontekâ? untuk bersyukur juga. Akan lebih menarik lagi jika ini kemudian diikuti secara konkrit, dan aktivitas âmencari-cari alasanâ? untuk bersyukur bisa jadi trend baru yang menyenangkan. Adakah yang tertarik untuk mencoba? 🙂

#akubersyukur hari ini makan sea food enak!

#akubersyukur hari ini dapat kesempatan nonton pelantikan ketua Dewan Kesenian Lhokseumawe

#akubersyukur hari ini kuat bersepeda memutari pantai jong blang sampai kuta blang dan balik ke rumah. Hoho.

#akubersyukur hari ini ketemu tema-teman baru

#akubersyukur hari ini berhasil membuat 1 tulisan baru. Setelah sebulan lebih tidak menghasilkan 1 tulisanpun yang selesai. Tulisan pertama di 2012

Semoga aku bisa terus bersyukur

10 thoughts on “Aku Bersyukur

  1. aq bersyukur hari ini libur

    aq bersyukur pagi ini bisa baca tulisan Ludi lagi

    aq bersyukur dapet kabar dari Ludi

    aq bersyukur dapet inspirasi dari Ludi untuk terus bersyukur.

    alhamdulillaah.. alhamdulillaah..33x

    Ludiiiii kangeeeeeennn!!

  2. Nah, ini satu dari sekian banyak bagian dari buku yang akan diterbitkan yang meski sederhana tapi amat memesona, Te. Aku bersyukur membacanya. =p

    Btw, itu harus kirim buku? Tidak bisa ‘nitip’ dibelikan buku di sana? Hehe..

  3. topenkkeren said: Nah, ini satu dari sekian banyak bagian dari buku yang akan diterbitkan yang meski sederhana tapi amat memesona, Te. Aku bersyukur membacanya. =pBtw, itu harus kirim buku? Tidak bisa ‘nitip’ dibelikan buku di sana? Hehe..

    makasih ya om top.. #akubersyukur kalau kau senang membacanya, hehe

    via japri aja ya bahas donasi bukunya 🙂

Leave a Reply

