Dia Cantik, Dia Seksi, Dia Bisa Apa?

“Sesungguhnya ALLAH tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiriâ€? QS 13:11


Meski kata bijak “dont judge book by its coverâ€? sudah sangat ngetop, tapi buat saya ini belum terinternalisasi benar. Secara harfiah maupun istilah. (eh lawannya harfiah apa si) Saya adalah orang yang bisa dipengaruhi cover dalam membeli buku. Dan saya juga seringkali menilai orang lain dari tampilan luarnya. Yang ini jangan ditiru.

Manusiawi sekali bukan ketika kita menilai sesuatu dari tampilan luar, dari yang kasat mata, dari yang tertangkap telinga, pokoknya dari segala yang menstimulasi indra. Karena memang dari situ awal mula kita bisa mengenal sesuatu.

Makanya ada kata bijak yang lain juga “you are what you sayâ€? atau “you are what you wearâ€?, dll. Padahal sudah ada kata bijak untuk tidak menilai dari tampilan luar, tapi kita juga diminta untuk tetap memperhatikan tampilan luar kita. Karena itu tadi, manusia akan cenderung menilai dari apa yang kasat.

Saya sendiri banyak juga menemukan sisi benarnya dari kata bijak yang pertama saya sebut di awal tulisan ini. Dari keterburu-buruan saya menilai sesuatu, ternyata terkadang penilaian saya itu kurang tepat. Ini sejalan dengan lagunya sherina sih, lihat segalanya lebih dekat dan kau akan mengerti. Kalau cuma lihat dari jauh, tidak semua kita bisa tangkap dengan baik kan?

Langsung saja lah ya, daripada tulisan saya kepanjangan lagi seperti biasanya. Adalah sebuah tayangan di sebuah stasiun tivi berita yang membuat saya tersadar lagi akan hal ini. Just alvin namanya, ada yang pernah nonton?

Di tayangan just alvin 2 episode lalu, dihadirkan para celebrity chef. Disitu disebut begitu, meski ternyata beberapa yang dihadirkan tidak suka dengan sebutan tsb. Di antara bintang tamu ada seorang koki yang nyeleb beberapa tahun terakhir. Dari tampilan luarnya, sama sekali tidak cocok dengan imej koki menurut saya. Dan saya, tidak suka dengan dia sejak awal saya lihat. Jujur, saya pikir koki-koki macam ini bisa ngetop bukan karena kemampuan, tapi karena tampangnya.

Dia cantik, dia seksi, dia berpakaian terbuka. Dia berbicara dengan logat kebarat-baratan, tapi tidak separah cinta laura. Pokoknya dengan semua tampilan itu saya tidak suka. Tapi alangkah terkejutnya saya waktu di tayangan itu dia bercerita tentang perjalanannya menjadi koki. Ditentang oleh keluarga, dia membiayai kuliahnya sendiri dalam pendidikan sebagai koki. Di negeri paman sam dia merintis semuanya dari bawah, mulai dari pelayan restoran dia pernah jalani. Dia juga pernah bekerja di dapur profesional. Jika disebut kata dapur profesional, jangan bayangkan itu adalah tempat yang nyaman, pekerjaan yang enak karena dikelilingi makanan sepanjang hari. Dapur profesional adalah tempat bekerja dimana anda harus berdiri sepanjang hari di depan kompor dan menyiapkan masakan. Dapur profesional adalah tempat dimana anda harus menyiapkan kue dengan adonan tepung bukan sekilo bukan dua kilo tapi bisa sampai 50kg dan anda harus mengangkat sendiri karungnya. Fyuuh. Hebat. Penilaian saya berubah seketika. Terlepas dari bagaimana penampilan fisiknya, akhirnya saya bisa mengakui bahwa dia memang koki, dan dia bisa masak.

Lain waktu saya pernah juga mengalami hal serupa. Kali itu saya kurang suka dengan band-band baru yang terus bermunculan. Rasa-rasanya ko setiap hari ada single baru dari band yang baru juga. Sudah suaranya tidak istimewa, lagunya juga terasa mirip-mirip dengan aliran musik band yang sudah terkenal sebelumnya.

Tapi lagi-lagi di sebuah tayangan tivi diundang sebuah band yang baru naik daun kala itu. Dalam wawancaranya saya baru tahu bagaimana perjuangan mereka sampai akhirnya bisa masuk album rekaman dan masuk tivi. ada personilnya yang sempat jadi TKI di jepang. Pantas lagunya ada penggalan bahasa jepangnya, saya pikir hanya cari sensasi saja sok-sok-an jepang, tapi ternyata vokalisnya memang bisa berbahasa jepang. Lagunya sempat diputar di radio-radio tanpa diketahui siapa penyanyi aslinya. Bahkan judul juga asal diberikan oleh orang lain karena lagu ini cukup “misteriusâ€? darimana datangnya (kira-kira gitu lah ya). Kalau akhirnya mereka bisa jadi salah satu grup band indonesia, tentu itu tidak tanpa sebuah perjuangan.

Selain membuat saya menyadari bahwa tidak boleh asal menilai orang lain atau bahkan menuduh, saya jadi semakin menyadari lagi satu hal. Bahwa sebuah pencapaian tidak akan bisa diraih tanpa usaha. Di balik orang-orang sukses, ada kerja keras di belakangnya. Meski tidak semua yang “terlihat suksesâ€? dan tampil di tivi telah menempuh perjuangan berat, mungkin ada pula yang diraih dengan instan, tapi ini seperti sedang membangun sebuah gedung tinggi. Dengan perjuangan keras di awal, kita sedang membangun pondasi yang kuat. Jadi manakala ia sudah tinggi tidak akan mudah runtuh karena hempasan angin, tidak begitu dengan mereka yang membangunnya dengan cara yang instan.

Mengutip motto hidup si koki cantik “keep focus and hard workingâ€?. Saya sepertinya perlu belajar untuk itu lagi, fokus dan kerja keras. Man jadda wa jada. BismiLLAH. Bi idzniLLAH.

(nah nah ini tulisan ujung-ujungnya ko belok juga?)

ket gambar: jepretan pribadi, ceritanya temanya "fokus"

Advertisements

33 thoughts on “Dia Cantik, Dia Seksi, Dia Bisa Apa?

  1. wah, saya juga baru tau ternyata kisah sang koki seperti itu
    salut deh
    selama ini sih tidak ‘nggak suka’ ataupun ‘ngefans’, biasa aja πŸ˜€

    ya, dont judge a book by its cover sekali lagi πŸ˜‰

  2. shinyqueen said: nice post πŸ™‚

    aku liat just alvin yang episode chef Vs chef
    keren sm fara queen yaa… cantik, sexy dan pinter masak, kul di luar pula
    coba pake jilbab yaaaa… makin maknyooosss πŸ˜€ jadi sexy nya cuma buat suaminya duank

  3. mylathief said: Walapun tak menjadi yg utama, sepertinya yg tjd tampilan luar akan melancarkan smuanya

    keren..inspiring tulisnnya boss….

    jgn buru2 ngambil keputusan yah…bener2 jg….:D
    tp penampilan memang sering membawa kesan…..

  4. mfanies said: keren..inspiring tulisnnya boss….jgn buru2 ngambil keputusan yah…bener2 jg….:Dtp penampilan memang sering membawa kesan…..

    alhamduliLLAH..makasi kid

    kalo di dunia maya, aku sering jadi penasaran dengan penampilan. misalnya dengan mfanies, cara komennya lucu deh, unik, aku jadi pengen liat orangnya πŸ˜€

  5. pemikirulung said: Selain membuat saya menyadari bahwa tidak boleh asal menilai orang lain atau bahkan menuduh, saya jadi semakin menyadari lagi satu hal. Bahwa sebuah pencapaian tidak akan bisa diraih tanpa usaha.

    kalau briptu norman?

  6. pemikirulung said: alhamduliLLAH..makasi kidkalo di dunia maya, aku sering jadi penasaran dengan penampilan. misalnya dengan mfanies, cara komennya lucu deh, unik, aku jadi pengen liat orangnya πŸ˜€

    baiklah master….sebagai anak buah yg baik mesti patuh sama bos yah…..
    *kaburr…sebelum diberi surat PHK ….:D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s