ketika belanja menjadi pekerjaan

Ada yang pernah nonton kick andy show yang temanya pekerjaan-pekerjaan yang unik? Di tayangan kali itu dibahas salah 1 pekerjaan yang tidak biasa ada di indonesia, bahkan, kalau tidak salah ingat, ibu yang diundang itu adalah orang pertama yang punya pekerjaan demikian di negeri ini dan mungkin satu-satunya. Pekerjaannya adalah-maaf lagi-lagi saya lupa istilahnya, kalau tidak salah saja ya-personal buyer. Intinya sih, pekerjaannya adalah belanja.

Deskripsi kerjanya adalah membelikan atau membelanjakan. Penjelasannya begini, dia berbelanja untuk orang lain. jadi, apabila ada orang yang ingin berbelanja, tapi tidak sempat, malu, gengsi, atau apapun alasannya, bisa menggunakan jasanya untuk melakukan aktivitas itu. Awal mula dia melakukan pekerjaan itu adalah karena hobinya sendiri adalah berbelanja.

Yang dimaksud dalam belanja disini adalah jenis belanjanya kaum borjuis atau nyonya-nyonya besar yang belanjaannya tidak jauh dari produk fesyen dan –menurut saya- tujuannya tidak jauh dari pamer atau gengsi-gengsian. Belanjanyapun di luar negeri. Ibu ini dipercaya karena dia sudah berpengalaman dalam belanja hal demikian, jadi dia sudah piawai membedakan mana barang asli mana palsu, mana kualitas bagus mana tidak.

Saya tiba-tiba teringat dengan tayangan kick andy tsb karena apa yang saya alami baru-baru ini. Bisa dibilang saya juga habis menjadi personal buyer, tapi tidak komersil. Awalnya karena dimintai tolong oleh seorang MPers. Karena di jakarta sedang berlangsung Islamic Book fair (IBF), ada buku yang ingin dia miliki tapi tidak ditemukan di tempat tinggalnya, dan mengetahui kalau saya ada kemungkinan kesana, maka diapun meminta tolong pada saya untuk membelikan buku incerannya tsb. Ketika di IBFpun saya jadi teringat seorang MPers lain yang pernah bilang kalau mencari-cari sebuah judul buku, tapi tidak ketemu di kota tempat tinggalnya, maka sayapun menawarkan padanya, apakah mau saya belikan? Karena saat itu buku tsb jelas-jelas ada di dekat saya.

Atas izin ALLAH, tiba-tiba saja pikiran saya cenat-cenut padahal ngga ada kamu (halah). Saya jadi mikir, kenapa saya tidak jadi personal buyer saja? Apalagi saya kan tinggal di ibukota, yang katanya segala barang tersedia disini, lebih daripada kota lainnya. Ditambah lagi, kabarnya kalau di kota lain harga-harga relatif mahal karena adanya ongkos kirim. Jangankan kota lain, masih di jakarta saja sudah beda harga karena sudah nyebrang laut, itu, di kepulauan seribu.

Fakta lain yang mendukung adalah, tadi sudah saya katakan, disini sedang ada book fair. Buku-buku dijual lebih murah dari biasanya. Saya ngeliatnya aja ngiler. Diskon bisa sampai 70%! Alangkah senangnya pasti kalau bisa dapat buku yang memang diinginkan dengan harga murah. Tapi, ini tidak bisa dimanfaatkan oleh semua orang. Kalau untuk orang luar jakarta, datang ke IBF akan berat di ongkos kan?

Selain IBF ada keuntungan lain. Saya sendiri baru menyadari setelah berdiskusi dengan teman, bahwa harga-harga barang di jakarta memang seringkali lebih murah. Dia contohkan, harga kaos kaki. Di sini masih banyak kaos kaki seharga Rp 10.000 dapet 3 buah. Jujur, saya sendiri beli kaoskaki yang segitu harganya. Hohoho . Katanya sampai ada orang dari aceh ke jakarta beli kaos kaki sampai puluhan pasang buat dibagi-bagi disana. Soalnya disana ngga dapet harga segitu. Atau saya kasih contoh lagi, di jakarta ada pasar yang namanya tanah abang. Ngetop banget ini pasar. Kalau kesana sering takjub sendiri, ko kayanya tenaga orang kurang berharga betul, masak baju celana cuma kisaran 30 ribu atau bahkan kurang. Padahal mengerjakannya kan tidak mudah. Beli jilbab katun paris atau haycon Rp 100.000 bisa dapet sepuluh!

Nah, dengan peluang-peluang itu, kenapa saya tidak jadi personal buyer saja? Hoho. Seketika itu pula saya memutuskan, saya mau jadi personal buyer. Kan seru tuh kalau ada yang nanya “lagi sibuk apa di?”, saya jawab “belanja-belanja”, hehe. Ada yang mau menggunakan jasa saya?

Ada banyak keuntungan ketika anda menggunakan jasa saya sebagai personal buyer, pertama, anda tidak perlu keluar tenaga dan waktu untuk keliling-keliling cari barang yang akan anda beli. Tinggal bilang ke saya, dengan deskripsi yang jelas dan detail, saya akan konfirm apakah barang itu ada atau tidak. Kedua, kemungkinan anda akan dapat harga yang lebih murah ketimbang di tempat anda tinggal. Selama anda tidak meminta saya membelikan barang haram, seperti beli miras atau narkoba, atau nomer togel, saya akan bersedia membantu, insya ALLAH.

Satu hal yang menjadi kekuatan saya sebagai personal buyer adalah, saya ini adalah anak indonesia asli yang lahir dan besar di indonesia. Dulu waktu kecil saya sering diperdengarkan kata pepatah indoensia, hemat pangkal kaya. Dan itu terpatri dalam jiwa saya (lebay euy). Tapi beneran deh, saya ini termasuk dalam jajaran orang-orang paling irit di jakarta timur. Heheheh. Sebagaimana saya suka membeli barang dengan harga murah, suka sekali mencari-cari diskon yang besar, sayapun akan memberlakukan itu manakala membeli barang untuk orang lain. Dan saya akan melaporkannya pada anda berapa diskon yang saya dapat.

Sebagai gambaran lagi, anda sudah punya fiqh sunnah sayid sabiq? Di IBF kemarin saya lihat yang cetakan i’tishom edisi lengkap harga awalnya sekitar 450 ribu, didiskon jadi 350 ribu. Bukunya meski tebel tapi ringan, saya aja langsung jatuh cinta. Atau, kapan lagi anda bisa beli majalah tarbawi edisi lama harganya Rp 10.000 dapet 3 eksemplar? Dan banyak lagi buku yang lain (saya belum liat lengkap, belum sempet muter-muter, nanti diapdet deh infonya). Yang pasti disana ada 300an lebih stand yang ikut pameran.

Di jakarta juga lagi ada pameran komputer. Saya juga berencana kesana. Mau nitip? Hayolah. Biasanya kalau beli di pameran begitu suka dapet hadiah. Mug, payung dsb. Dan kabar baiknya, bonusnya akan saya berikan untuk anda, ga saya korupsi, tenang aja.

Lalu apa yang saya dapatkan? Tentu saja uang. Hehe. Kalau dari tayangan kick andy, si personal buyer dapet komisi 30% dari total pengeluaran belanja si pengguna jasanya. Kalau komisi saya, berhubung saat ini baru awal-awal, anggaplah saya masih training, saya memasang tarif cukup 15% saja. Baik kan? Itupun anda masih untung, karena diskon di IBF sini biasanya 15-70%, jadi sama atau lebih besar dari komisi yang anda berikan untuk saya. Jadi bisa dianggap anda beli barang dari saya dan saya ambil keuntungannya 15%. Nanti kalau saya sudah taraf mahir, komisi akan saya minta lebih, hehe, tentu saja akan saya beritahu terlebih dahulu.

Tidak perlu sungkan-sungkanan, ewuh parkewuh. Jangan ragu untuk meminta jasa saya, karena saya juga tidak akan ragu meminta komisi dari anda. Ini hubungan profesional bung

Saya serius soal ini. Saking seriusnya, saya akan beri tahu nomer henpon saya disini. Berhubung saya tidak nongkrongin internet setiap saat, kalau tertarik langsung sms saja. Sms kamu langsung dibales dari hape aku (bletak!). Oya keuntungan lain dari menggunakan jasa saya adalah, kalau saya liat ada diskon atau fair atau cuci gudang, akan saya bagi infonya

Ayo segera, IBF dan pameran komputer tutup tanggal 13 Maret 2011. Tapi kalau mau beli barang lain, setau saya pasar tanah abang belum ada rencana akan tutup. Hoho.

~untuk 2 orang MPers yang telah lebih dahulu menggunakan jasa saya, tenang aja, ga saya berlakukan tarif komisi ini untuk kalian, kemaren kan saya belum kepikiran beginian. Hehe.

sms aja ke 085691383693

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s