kakak teko kecil

apa kira-kira membuat seseorang kangen pada orang lain? pastilah banyak alasannya. tapi semuanya merujuk pada kenangan. iya ga sih? kita jadi kangen dengan seseorang karena kita ingat kenangan yang pernah kita lalui bersamanya. entah itu kenangan manis, seru, menegangkan, dan banyak lagi. setidaknya itulah teori saya untuk saat ini.

barusan ada seorang teman lama menyapa lewat chat

"pe

pe ada yang kangen sama lo"

"hoy


siapa?"

"ibu gw"





masa si?


emang inget sama gw?

ya iya lah

ingetnya tuh lagu..ini kura2..yg hidup di cangkang..

saya sendiri takjub bacanya. ibu temen saya sampe kangen sama saya. tapi yang membuat dia kangen adalah lagu kura-kura yang pernah saya ajarkan ke anaknya yang paling kecil (adik teman saya). yang saya sendiri sudah lupa, lagu apaan tuh?

sebenarnya saya ini tidak terlalu suka anak-anak. karena saya tidak punya adik. jadi tidak ada anak-anak, atau anak yang lebih muda, dalam kehidupan saya. makanya, dulu sempet nolak-nolak waktu ditawarin ngajar tpa deket rumah. ah sepertinya aktivitas itu bikin stres betul. sebelumnya, kakak-kakak saya sudah mengajar di tpa, dan melihat anak-anak datang ke rumah, nyamperin "bu guru", suka rese, berisik, saya kurang suka. tapi, berhubung memang kekurangan tenaga pengajar, akhirnya saya turun gunung juga (tsaah).

saya mulai mengajar waktu sma, saya lupa kelas berapa, kayanya masih kelas 1 sudah mengajar. ternyata, setelah mengajar, rasa tidak suka itu hilang. enjoy aja. yaa..yang ngeselin mah ada, tapi yang lucu juga banyak. ajaib kadang-kadang melihat tingkah dan cara berpikir mereka.

karena saya biasa bergaul dan mengajar anak-anak itulah, akhirnya saya jadi bisa lebih luwes menghadapi anak-anak. di tpa dulu kan suka ngajarin anak-anak nyanyi, dongeng, dsb. makanya, kalau ketemu anak-anak, kalau main ke rumah temen yang ada anak-anaknya, saya suka ngobrol dengan mereka, tanya-tanya keseharian dsb. ternyata, meski saya tidak terlalu ingat, hal itu membekas setidaknya di salah satu hati seorang mahluk kecil yang pernah saya ajak ngobrol dan ujung-ujungnya saya ajarin nyanyi. bahkan membekas pula di kenangan ibunya.

saya sampe penasaran, dan tanya sama kakak barusan, lagu kura-kura dalam cangkang tuh seperti apa, saya bener-bener sudah lupa. kakak saya juga sudah lupa. saya bilang ke temen saya, dan dia bilang "makanya main ke rumah yuks..ntar pasti inget" tentu ditambah "ibu kangen noh". adiknya dan si ibu masih ingat lagu kura-kura dalam cangkang, dan masih ingat siapa yang ngajarin dulu. ah, mengetahui bahwa diri ini dikangeni orang lain, rasanya mengharukan sekali. aku suka. aku sukaa. hehehe

sekarang saya sudah tidak mengajar tpa. sudah lama juga. sempat ada masalah juga waktu itu. tapi keseharian saya bersama anak-anak masihlah sangat intens. karena sekarang ada afaf, hana, emir, zaki, sari, dan yang baru, bukanmuhammadben10, hehe. jadi, setidaknya saya masih bisa berinteraksi dengan anak-anak, dan masih bisa menjaga kesukaan saya terhadap mereka. meskipun saya masih tetap ammah paling iseng di rumah, dan paling seneng bikin afaf nangis
sudah gitu, kakak saya adalah seorang guru TK, jadi saya masih suka dapet referensi lagu-lagu anak-anak. ditambah zaki dan afaf yang sekarang sekolah, mereka kalau main ke rumah kadang sambil nyanyi juga.

dan saya baru sadar, karena diingatkan tentang lagu kura-kura tadi, bahwa ternyata saya ini kadang suka ngajarin lagu-lagu ke anak-anak yang saya temui ya, mungkin karena tidak kreatif, kehabisan bahan obrolan, yasudah belajar nyanyi saja. pekan lalu juga gitu, saat ke rumah seseorang, disana ada anak seumuran zaki. sebenernya hampir tiap pekan ketemu, tapi baru pekan kemarin saya mengeluarkan jurus lama saya, hehe

"udah sekolah belum?"

"udah"

"di sekolah belajar apa aja?

main

sama bu guru diajarin nyanyi ga?"

"ga

"ko engga? tau lagu teko kecil?"

"engga"

dan mulailah saya bernyanyi, tentu sambil pake gaya

"aku teko kecil yang mungil..

ini gagangku..

ini corongku..

bila mendidih aku menjerit

au!

angkat aku..lalu tuangkan

angkat aku..lalu tuangkan

syuuur"

cukup membuat mata dua bocah berbinar-binar, si kakak dan adiknya, melihat ada ammah gendut gaya-gaya jadi teko kecil, hehe
. mungkin suatu hari saya akan diminta datang lagi, dikangenin lagi, kali ini bukan karena kura-kura dalam cangkang, tapi karena teko kecil yang mungil. hehe

hey, dikangenin orang itu rasanya menyenangkan bukan?

(asal bukan dikangenin cowo ganjen atau suami orang, haha)

*racauansorehari*

29 thoughts on “kakak teko kecil

  1. wicakz said: "ammah teko mau kemana?","mau ke rumah sakit"

    ini kura2 tinggal dalam cangkang…
    iya sayang rumahnya amatlah sayang
    kepalanya keluar jika ingin makan
    ia masukkan lagi jika inginnn tidur..

    kayaknya begitu deh syair lagunya

  2. wicakz said: "ammah teko mau kemana?","mau ke rumah sakit"

    iya iya, adekku waktu tk sampe sd skarang nampaknya lagu2nya ga ada yang macam begini.. πŸ˜€

    nice, jadi mau ngajar anak2 tpa juga..
    pasti seru!
    dasarnya saya emang suka anak-anak kak..
    jfs ya πŸ™‚

  3. wicakz said: "ammah teko mau kemana?","mau ke rumah sakit"

    Laba laba kecil naik pohon tinggi
    hujan turun laba laba tergelincir
    (zyuuur…!)
    matahari bersinar pohonnya kering
    laba laba kecil naik pohon lagi

    *kenalkan, aku kakak laba2 πŸ˜€

  4. adiraf22 said: ini kura2 tinggal dalam cangkang…iya sayang rumahnya amatlah sayangkepalanya keluar jika ingin makania masukkan lagi jika inginnn tidur..kayaknya begitu deh syair lagunya

    betuuuull..

    tapi aku uda ga inget nadanya gimana 😦

  5. pemikirulung said: minta ajarain sama ammah aisha aja ya..dia solihah banget deh πŸ˜€

    @penjelajahsemesta
    makanya segera ka (loh!)

    @carrotdul
    ah, gw udah menduga omali..

    @aishachan
    yaudah kita tanding kuis, judulnya "are u solihah-er than aishachan" hehehe

Leave a Reply

