Jejak Langkah Yang Kutinggal

Setiap memulai praktik di lahan baru, maka hari pertama kami selalu menjalani satu hal. yakni orientasi. Orientasinya bisa berbagai cara, tergantung siapa tuuan rumahnya. Ada satu hal yang sangat berbeda ketika saya menjalani orientasi di panti werdha yang saya tempati praktik kali ini (fyi hari ini terakhir praktik disana). Kami disambut oleh bapak ketua panti dan ibu ketua bidang perawatan. Yang berbeda adalah sambutan dari sang ketua panti tersebut.

Tidak seperti di tempat lain, ketua panti ini begitu menghargai kami, tepatnya, mahasiswa profesi dari fakultas saya. Citra mahasiswa profesi FIK UI begitu baik di matanya. Dalam sambutan penerimaan itu, sungguh membuat wajah bersemu-semu dan hidung kembang kempis, alias GR. Mungkin yang lain jadi seperti itu. Kalau saya mah jadi khawatir, takut tidak bisa memberi sesuai ekspektasi.

Kenapa bisa bagaikan bumi dan langit dengan tempat praktik kami sebelumnya? Dimana sebelumnya kami dijutekin, dicubit, bahkan dibentak di depan pasien (masih kesel gw kalo inget kejadian itu, dasar bid*n kebanyakan makan daging). Jawabannya adalah karena jejak mahasiswa praktik sebelumnya.

Bapak ini terus saja mengulang-ulang menyebut kinerja mahasiswa FIK, terutama mahasiswa dari aceh, mahasiswa yang praktik disana sebelumnya. Dan betapa dia sangat kagum dan berterima kasih pada mereka. “kalau anak UI sih bapak yakin udah pada ngerti, ngga usah disuruh-suruh udah pada tanggap, ga kaya anak-anak akper” (nah loo…)

Karena penasaran, saya mencoba mencari tahu, siapa sih mahasiswa aceh yang beliau maksud. Dan akhirnya saya tahu siapa orang-orangnya. Memang mereka itu, waktu masih akademik juga “eksis” banget. Bahkan kelasnya jadi kelas ekstensi yang paling kompak, solid, dan “kelihatan”.

Sayapun bilang ke teman sekelas mahasiswa ekstensi yang dari aceh juga. Kalau teman sekelas saya ini, beda jauh banget dengan mereka
“pak..imej-nya mahasiswa aceh tuh udah bagus banget..bapak ngga boleh males-males disini, citra yang dibangun udah bagus tuh”
“ternyata yang dimaksud mahasiswa aceh itu pak **** pak..”
dan teman saya itu menjawab
“iya..saya juga udah menyangka orang-orang itu. mereka memang begitu ko, ngga cuma disini, dimanapun, tempat yang mereka tinggalkan, pasti orang-orang pada terkenang”
“beneran pak? dimana aja tuh?”
“iya..di kosan misalnya..masyarakat pada seneng, soalnya anak-anak kecil pada diajarin bahasa inggris”

Sayapun terpana. Hebat bangeeeett..dan seperti biasa, sayapun membandingkannya dengan diri saya sendiri. Bagaimana dengan saya? apa bekas yang sudah saya tinggalkan? ah, sungguh lidah saya kelu menjawabnya. Contoh sederhananya saja, akun internet yang saya lakoni, kalau menghilang, ternyata tidak banyak yang menyadari. Waktu itu saya baru-baru saja mendeaktivasi akun fb saya, dan tidak ada yang nyadar kalau akun saya menghilang. Yang tahu hanya segelintir orang, itupun diberitahu orang lain. Meskipun..ya..untung saja ada 1 orang yang tanya di sms
“nt ga di fesbuk lagi ya?”
dan waktu saya jawab akunnya sudah dideaktivasi, dia balas
“why? i’m loosing you”
Untung ada, meskipun cuma 1 orang. Antara ada dan tak ada tiada berbeda rupanya. Menyedihkan bukan?

Saya jadi merenung lagi, dalam seluruh langkah dalam perjalanan kehidupan ini, sudahkah saya meninggalkan jejak-jejak yang baik di belakang? dalam hidup yang singkat ini, sudahkah saya menorehkan sebuah kenangan yang baik di hati orang lain? sudahkah ada bedanya, antara ada dan ketidakberadaan saya?

Jadi ingat isian “about me” di halaman profile mp saya
Saya sampai saat ini senantiasa berusaha agar kelak jika saya pergi maka kenangan baiklah yang akan orang ingat tentang saya, dan bukan sebaliknya

Leave a Reply

