walaupun itu libur nasional

(ini postingan beneran ga penting, ga dibaca juga gapapa, cuma mau cerita)

kalau masih ada yang belum tahu, saya sekarang lagi kuliah tahap pembelajaran klinik, kami biasa nyebutnya profesi, karena memang jenjangnya profesi. nah, di jenjang ini, aturan main ngga sama dengan akademik dulu, misalnya aja, yang emang lagi pengen dibahas, jam pelajaran.

di jenjang profesi ini, entahlah 1 sks berapa jam. tapi yang pasti, kehadiran mesti kudu harus 100%, fuullllll. ngga boleh bolos, kabur ataupun pura-pura sakit. bahkan ngga masuk karena sakitpun harus diganti. datang terlambat jamnya juga harus diganti. mungkin yang ngga perlu diganti cuma kalau kita meninggal *lebay tapi bener*

seringkali jadi kangen sama jaman akademik dulu, dimana, yang namanya kuliah di ui itu, liburnya banyak banget. kuliah baru sebentar tau-tau udah UTS, sebentar lagi, trus UAS, trus libur sampe 3 bulan. yaa..meskipun ngejalaninnya, ngejalanin perkuliahannya sampe jatuh bangun, banting tulang, dan titik darah penghabisan (ini tergantung fakultas juga sih). tapi liburnya lama, jauh lebih lama dibanding profesi.

libur profesi pas semesteran kemaren cuma sepekan, itupun ngga berasa libur, soalnya saya ngerjain laporan yang ngga kelar-kelar selama hampir sepekan. pengen nangis darah rasanya. daan..satu lagi..seperti yang pernah saya bilang di status fb “merah dan hitam di kalender gada bedanya”, karena kami ga dikasi libur meskipun tanggalan warnanya merah. kecuali idul fitri, idul adha, sama natal. bahkan nyepi pun tidak. waisak pun tidak.

makanya, waktu si intan bilang nenek diajak kopdaran sama seseorang hari jum’at, saya bertanya-tanya, ada-ada aja ngajak kopdaran hari jum’at, kenapa ngga weekend aja sekalian. padahal jum’at itu tanggal merah. pantesan. biar kata merah, dines jalan terus cuuy.

begitupun beberapa hari lalu. temen saya nawarin mau ngaji hari apa. yaa..berhubung saya masih kurang soleh, makanya saya masih ikut pengajian. setelah nanti udah soleh juga masih ngaji sih. mudah-mudahan. aamiin. dia tanya mau ahad apa jumat. bisanya kapan. maka saya jawablah kalo saya sih pasti weekend, kalo weekday saya dinas, sekarang dinas pagi terus, jam7-jam 2. dan teman saya balas sms itu dengan pertanyaan yang memberi sensasi nano-nano buat saya

“oo..walaupun itu libur nasional pe?”

berasa gimanaaaa gitu. soalnya bahkan saya ngga ingat waktu saya jawab sms itu, kalo besok itu libur nasional.

sampe-sampe suami temen saya bilang (bukan temen suami saya lho, jangan salah baca!), fakultas saya tuh bisa dituntut sebenernya. di peradilan peraturan negara kalo ngga salah. maap, ngga ngerti hukum. soalnya, fakultas saya itu berarti sudah melanggar peraturan negara yang lebih tinggi. orang disuruh sama negara libur, eh ini malah nyuruh mahasiswanya tetep masuk. tapi tidak ada seorangpun yang berminta membawa perkara ini ke meja hijau. ribet amat dah.

makanya hidup saya seolah-olah hanya diwarnai dengan kuliah. yang bilang saya sok sibuk bukan cuma 1 atau 2 orang. soalnya saya tiap diajakin kemana selalu gabisa. diminta tolong apa, selesainya lama. diajak syuro ngga bisa ikut. yaa..terserahlah. dibilang sok sibuk ya diterima-terima aja.

padahal tadi saya ngobrol sama ibu-ibu mahasiswa ekstensi, sekarang sekelas sama saya, menjalani kuliah profesi bareng

“kuliah di UI tuh, kaki jadi kepala, kepala jadi kaki”
“kalo temen-temen saya mah pada bilang, ngga usah ambil S1 di UI deh, padet banget, mending kuliah di tempat lain aja”

tapi selama menjalani kuliah ini banyak pelajaran yang bisa diambil kok, banyak banget. kalo lagi sadar, jadi bersyukuuur banget diberi kesempatan ALLAH menjalani semua ini. jadi mikir, perawat itu hebat ya, bener kata ai. (dengan catatan, perawat yang profesional, belajarnya bener, praktiknya bener).

yaya..meskipun saya masih merasa gimanaa gitu, baca tulisan di status YM, atau pesan IM, yang ada kata-kata Long weekend nya..soalnya saya udah lupa, kapan ngerasain long weekend terakhir

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s