Bertanya Di Dunia Maya Ada Adabnya

Salah satu hal yang saya sukai dari online di YM adalah seperti punya banyak konsulen, banyak orang yang bisa ditanya-tanya dan diajak diskusi. (meskipun banyak juga yang sekedar available tapi gabisa ditegor, tentang ini akan saya bahas kali lain). Kadang kalau ada hal yang pengen saya tahu, saya tanya aja sama temen saya yang lagi online. Lebih enak lagi kalo di list YM ada berbagai orang yang punya core competence beda-beda, wuih..berasa punya banyak tim ahli

Nah, suatu hari, pas emang lagi bingung mau bikin TOR (Term Of Reference) buat pembicara, bertanyalah saya pada temen saya yang lagi chat saat itu, smile. Dan jawaban dia sungguh berkesan buat saya
“bertanya di dunia maya itu ada adabnya Pe”
“apa?”
“sebelum bertanya, coba usaha cari tau sendiri dulu. kan ada om google, coba usaha tanya dia dulu”
Kira-kira begitulah petuah si smile saat itu. Saya lupa kata-kata persisnya, chat lognya ilang, diilangin meebo. Nampol bener, terus teringat sampai sekarang. Meskipun saya curiga, dia bilang gitu sebenernya karena tidak tahu jawaban dari pertanyaan saya, haha, peace mel. Dan, berhubung saya terkesan dengan petuah itu, sering juga saya balikin ke dia, kalo dia lagi nanya ke saya “bertanya di dunia maya ada adabnya mel”. Kena deh!

Tapi emang si smile itu bener juga. Orang-orang memang suka gamau usaha yang agak keras. Saya pernah nemuin juga di MP, tanya-tanya tentang arti beberapa kata, padahal kalo dia cari di mbah gugel atau om wikipedi, ga lama juga dapet. Yaya..mungkin dia pake henpon, tapi gugel kan juga bisa dibuka di henpon yaa, mungkin pulsanya dikit. Okelah kalau begitu *berusaha husnudzhon*.

Saya jadi tercetus untuk menseriuskan menulis ini karena beberapa hari lalu saya buka laptop temen saya. Dan di dalamnya saya menemukan lagunya Patti Smith,
“ini kan lagu lo Di”
“hah? lagu gw?”
“itu lho..lagu yang lo tulis di note”
Ho..ternyata teman saya habis baca tulisan saya di fb, yang saya publish disini juga, tentang pasien jiwa yang nyanyi lagunya Patti Smith, Baby Sometimes Love Just Aint Enough. Berhubung dia penasaran dengan lagu itu, tanpa pake nanya-nanya, dicarilah di internet, kemudian diunduhlah. Dapet.

Teman saya ini juga cerita, dia punya teman chatting yang sukaa banget bertanya tentang pengalaman apa yang dia dapat hari ini saat menjalani kuliah. Entahlaah, mungkin dunia orang IT tidak semeriah dunia kami para mahasiswa ners. Makanya orang itu slalu nanya “dapet pengalaman apa hari ini?”. Dan biasanya kalau teman saya cerita, suka menggunakan istilah-istilah medik. Disinilah letak kelebihan orang tsb. Menurut teman saya, orang ini ngga tanya-tanya apa itu, tapi dia langsung mencarinya sendiri apa arti istilah-istilah itu. Bingo! Sambil menyelam ngurusin badan. Ngga cuma asik ngobrol, orang inipun bertambah luas wawasannya.

Menurut saya 2 orang ini hebat. Mereka menjalankan apa yang smile sebut dengan “adab bertanya di dunia maya”. Hehe. Saya pikir tidak ada salahnya juga kita begitu. Usaha cari tahu sendiri dulu sebelum bertanya. Kalau kata seorang CI (clinical instructor) saya dulu “biasanya kalau dapet dari hasil nyari sendiri, jadi lebih inget”. Makanya si CI ini suka nanya-nanya tapi ngga kasih tau jawabannya “cari sendiri ya, buka bukunya lagi” kata dia.

Dan 1 lagi hal positif dari menjalankan adab bertanya di dunia maya ini adalah kalau anda adalah anak emak saya, maka anda akan mendapatkan teguran yang lebih sedikit dari saya,, karena salah satu teguran emak saya yang cukup populer adalah “cari pake mata yang bener…jangan nanya-nanya mulu”. heheh. (tapi emak eike bisa dibilang sabar banget punya anak gabisa nyari barang kaya eike gini)

Leave a Reply

