Disebabkan Oleh Trinitrotoluene

Sebenarnya hikmah di sekitar kita banyak sekali, tersebar dimana-mana. Begitupun dengan pelajaran, pengingat, atau bahkan teguran. Masalahnya kita cukup jeli atau tidak untuk menyadarinya. Bahkan, jeli dalam menyadarinyapun belumlah cukup, karena kalau tidak diresapi, dipikirkan, kemudian dijalankan ya tetap saja tidak ada guna. Seperti anjing laut yang diajari berhitung, tetap saja jadi anjing laut dan tidak bisa menjadi sarjana matematika.

Mirip seperti saya, hanya saja saya bukan anjing laut, apalagi pesut. Suatu hari, saat sedang menuai hasil buruk, saya bilang ke teman saya “kenapa sih ko aku ga pernah ambil pelajaran dari apa yang udah terjadi, terulang-ulang terus?” dan teman saya menjawab enteng “sebenernya belajar Di, tapi abis itu lupa”, saya tertegun, kemudian teman saya ini menambahkan “soalnya aku juga begitu”.  Sepertinya yang sering “sadar kemudian lupa” tidak cuma saya tapi juga beberapa orang lain. Meskipun tidak sepenuhnya selalu begitu, seringkali juga kami ini “sadar dan ingat kemudian berubah”.

Balik lagi ke pelajaran yang tersebar di kehidupan. Saya mengalaminya beberapa hari lalu. Hal sederhana, bahkan mungkin anda akan geleng-geleng kepala sambil bilang “katanya pemikirulung, masa pengingatnya cuma beginian doang?” (gw suujon banget ya?) tapi bisa mengingatkan saya lagi, setali tiga uang dengan closing statement seorang pembicara di seminar yang saya ikutin sepekan lalu, menurut saya.

Di tengah liburan saya yang maksud hati ingin produktif apa daya tangan tak sampai ini, saya menonton TV—itulah yang mengisi hari-hari saya, huh. Saya menonton film Richie Rich. Di dalamnya ada adegan ketika Richard sedang mencari kado yang berisi coklat menggunakan alat pembantu indera penghidu. Cara kerja alatnya adalah menerjemahkan stimulus bau menjadi kode digital dan keluarlah suara. Tanpa sengaja, alatnya diarahkan ke sebuah kado dan diterjemahkan sebagai: trinitrotoluene.

Saya langsung membatin, “loh, itu kan TNT”. Di film juga begitu, Richard yang tidak yakin apa itu trinitrotoulena bertanya pada Regina istrinya. Regina sadar bahwa itu adalah TNT, sejenis bahan peledak. Kadopun segera dibuang, dilempar keluar jendela pesawat. Selamatlah mereka dari ledakan kapal, meskipun ledakan sempat mengenai ekor pesawat dan akhirnya pesawat jatuh. Diceritakan Richard dan Regina akhirnya selamat dari kejadian itu.

Saya jadi berbangga hati sedikit karena tahu kalau trinitrotoluene itu adalah TNT, sejenis bahan peledak (jauh sebelum Richard bertanya pada Regina). Kenapa saya bangga? Karena saya pikir tidak banyak yang tahu soal ini (bener ga? Kalo ternyata saya salah jawabnya dalam hati aja ya? Hoho). Kemudian saya mikir lagi, bagaimana kalau saya ada di posisi Richard dan Regina dan tidak tahu apa itu trinitrotoluene, mungkin saya sudah hancur berkeping-keping dan jadi makanan ikan di lautan.

Film itu mengingatkan saya lagi betapa pentingnya pengetahuan dan wawasan dalam menjalani kehidupan. Dan itu artinya juga mengingatkan lagi untuk belajar dan belajar. Hal klasik sekali buat kita bukan? Karena seperti yang sudah saya utarakan tadi, menyadari saja tidaklah cukup. Tugas saya sekarang adalah bagaimana mempertahankannya, mempertahankan kesadaran itu, untuk tidak berhenti belajar dan memperkaya wawasan. Semoga tidak segera lupa.

Bagaimana dengan anda?

10 thoughts on “Disebabkan Oleh Trinitrotoluene

  1. Sampai pada satu titik dimana kita menganggap bahwa waktu yg ada tidak cukup untuk menyerap ilmu, disitulah kita menjadi pembelajar sejati, seorang pemikir ulung..Nice post di..

  2. kaya ulama-ulama jaman dulu ya kak, sampe ngga nikah, bahkan ga sempet ngurusin diri sendiri, saking mengejar ilmunya luar biasa..ya..masing-masing punya keutamaanberarti aku belum jadi pemikir ulung ya kak..masih calon..tapi kayanya lebih baik sih, dari penjelajah semesta, hehehenice komen ka, tumben *peace mang*

Leave a Reply

