Salah Paham Tentang Setan

~lagi seneng cerita keponakan

RosuluLLOH menganjurkan untuk mendidik aqidah dulu pada anak sebelum mengajarkan Qur’an. Pokoknya aqidah yang pertama dan utama. Mudah-mudahan bermanfaat (mungkin bisa dihindari atau jadi bahan pertimbangan tentang bagaimana siasat lain) untuk para orang tua yang mau mendidik aqidah pada anaknya.

Suatu hari di rumah mati lampu, dan tibalah waktu mandi-nya Zaki, tapi Zaki menolak masuk kamar mandi dan minta lampunya dinyalakan.
“mati lampu ki, lampunya ngga bisa nyala” kata kakak ke 2 saya.
“takuut..zaki takuut”
“takut apa?”
“takut setan”
“kok sama setan takut?”
(saya ngga tahu lagi ada obrolan lanjutan apa)

Akhirnya kakak ke 2 saya melapor pada kakak pertama yakni Ummu Zaki
“mba, anaknya penakut tuh, masa gelap aja takut, takut sama setan katanya”
“masa sih Zaki takut sama setan? kok sama setan takut sih ki? setan kan kaya pisang yang kaya di CD itu” kata kakak pertama pada Zaki.
(di CD film anak-anak yang sering ditonton Zaki judulnya “mengalahkan setan dengan doa” setan digambarkan berbentuk pisang dan nanas)

Beberapa hari kemudian Zaki mengadu pada ummi-nya
“ummi, ummi, Zaki ga takut dong sama setan” (dengan cadel-nya)
“ga takut? pinter dong”
“iya Zaki ngga takut sama setan, setan kan baik, zaki temenan dong sama setan, dadah..setaan”

Ha? tertinggalah kakak saya yang cuma bisa melongo sambil berkata dalam hati “yah, salah deh gw..”

Advertisements

14 thoughts on “Salah Paham Tentang Setan

  1. entah. namanya juga anak umur 2,5 tahun din, cara berpikirnya sederhana, yang ngga perlu ditakuti itu berarti teman, gituiya, kayanya banyak yang punya vcd itu, tapi penggambaran setannya aneh, ada yang jadi gayung segala

  2. hmmmmm juga*bener-bener cuma ikutan, sampe m-nya 5x juga diikutin*(dari sekian banyak kata di dunia ternyata tidak ada yang dipilih, hanya gumaman, yowis saya ikutan aja)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s