(Catatan Milad) Dua Tahun Bertengger di Multiply

“Ah kok bisa salah inget?” begitulah yang pertama kali terlintas waktu saya buka-buka postingan saya yang lama. Seinget saya site saya di multiply ini pertama di buat tanggal 25 Maret 2007, ternyata 12 Maret! Jadi ulang tahunnya udah kelewat..ya…

Saya tidak akan bilang “tidak terasa sudah 2 tahun” seperti kebanyakan orang. Karena kebersamaan saya dengan pemikirulung.multiply.com ini sungguh sangat saya rasakan. Saya merasakan betul bagaimana saya ketar-ketir memikirkan apakah tulisan saya layak di publish, cengar-cengir melihat komen-komen yang masuk, haru-biru membaca tulisan orang lain, dan kebat-kebit (maksa) pengen lihat sudah ada yang memberi komen atau belum. 

Kalau tahun kemarin saya menulis bahwa kalau pengunjung blog saya dibikin partai maka cukuplah buat jadi partai kutu gurem, maka tahun ini, ehm sepertinya masih begitu. Kalau tahun kemarin kemungkinan orang yang akan saya ajak bergabung di Partai Pemikir Sejahtera adalah shofwan si alwaysthink, tahun ini saya juga belum dapet orang lain, kalau bos iman mungkin akan lebih suka dengan Partai Pustakawan Sejahtera, ai dengan Partai Semangka Sejahtera, kak iman dengan Partai Penjelajah Sejahtera, apalagi omali yang terang-terang pernah menyebut Partai Carrot Soup di blognya. Tadinya mau ajak ides, tapi orangnya sudah keburu menghapus akun multiply-nya sama elisa juga, tapi dia lagi sibuk dan jarang onlen. Ya sudah, di pending dulu, lagipula kalaupun bikin partai sekarang sudah sangat terlambat, mau pasang banner atau spanduk juga pohon dan tiang sudah penuh semua. Lebih baik kita pilih partai yang ada saja dulu, yang bersih, peduli, dan profesional

Setelah 2 tahun, postingan saya menembus angka 200, tapi pengunjungnya? kalau homepage sih sampai juga angka 1000. Tapi sebenernya pengunjung blog ini itu-itu saja orangnya, penambahan tidak signifikan, malah cenderung berganti. Yang dulu maen ke sini sekarang ngga kesini lagi, yang dulu belum kenal sekarang kadang kesini, yang dulu ngga tau sampe sekarang juga ngga pernah kesini. Beberapa hari yang lalu saya menyadari sesuatu ternyata banyak sekali contact yang hanya sekali dua kali berkunjung kesini, bahkan ada yang sudah 1 tahun baca blog saya cuma 3x padahal saya beberapa kali maen dan komen di blognya. Dan parahnya, saya jadi males menyadari fenomena ini, males maen ke blog orang

Dengan swing mood saya ternyata bisa bertahan 2 tahun. Dengan kata-kata seseorang yang mengisyaratkan bahwa blog saya percuma, dengan kerisauan apakah blog ini berguna, apakah manfaat yang ada lebih banyak dari mudharatnya. Dengan momen-momen nangis-nangis ngga mau nulis blog lagi, dengan beberapa kali mengambil waktu jeda untuk menimbang blog ini mau dibawa kemana dan diapakan. Tapi akhirnya bertahan juga 2 tahun, yah..dengan penguatan dari baca-baca buku tentang pentingnya menulis, dengan memanasnya hati melihat komunitas saya dijelek-jelekin di site MP lain. Setidaknya saya bisa berbuat sesuatu, dengan tetap membuat tulisan, meskipun sederhana.

Saya banyak curhat disini, entah apakah masuk ke kategorinya Ira “saya malah malu sendiri bacanya”, mudah-mudahan sih engga. Banyak menjadikan site ini sebagai tong sampah. Menjadikan site ini untuk menyampaikan opini, kemirisan saya terhadap fenomena Indonesia dan ummat. Menuliskan kembali apa yang saya dapat dari ceramah, baca buku, nonton film, bahkan baca komik. Menumpahkan apa yang saya petik dari melihat kekuasaan ALLAH di sekitar. Menyampaikan protes dan keluhan saya, yang karena keterbatasan saya sehingga seringkali “beraninya di belakang” kepada orang-orang yang padahal belum tentu baca blog ini (he..salah tempat dong ya)

Salah satu hal yang saya suka dari aktivitas ngeMPi ini adalah, saya banyak bertemu orang baru. Beberapa dari jutaan orang baik di dunia. Senangnya sempat berkenalan dan mengambil manfaat dari kalian  (perlu disebutin ngga sih? )

Pokoknya sampai saat ini saya masih berpikir untuk tetap menulis di MP (meskipun ada juga tulisan di note FB yang tidak di post disini). Semoga kedepannya lebih baik. Maaf kalau ada salah.

NB: akan sangat senang sekali kalau anda-anda sudi mengklik link terakhir

Advertisements

16 thoughts on “(Catatan Milad) Dua Tahun Bertengger di Multiply

  1. hihihi..tadi pagi kuliah bos, sekarang masih dikampus bolak-balik sana-sini cari bahan uts sama risetlagipula diutamakan ikhwan kalo ditempatku, kalo akhwat DS di lingkungan aja.hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s