Tentang Seseorang Yang Perlu Didoakan

Beberapa bulan lalu ada seseorang meng-invite saya dan beberapa mahasiswa UI yang lain. Id dan namanya bukan nama asli. Tapi headshotnya adalah foto seseorang muslimah, yang dengan izin ALLAH (ngga boleh bilang kebetulan kan?) kami semua yang di-invite-nya kenal. Otomatis kami semua menyangka bahwa dia –kita sebut saja manusia aneh– ini adalah si muslimah yang kita kenal itu.

Hari demi hari pun berlalu, tanpa saya curiga sama sekali. Tapi kemudian seorang kawan sms “Lud, tau nomer ka bunga (kita sebut saja begitu, muslimah yang fotonya ada di headshot) ga? ada orang ngaku-ngaku dia nih, serem gw”. Ternyata teman saya ini merasa ada hal yang aneh dengan si manusia aneh tersebut. Pokoknya sama sekali tidak mencerminkan si bunga. Setelah di cek ke orang yang bersangkutan, ternyata benar, id mp itu memang bukan punya si bunga, cuma fotonya doang!

Wah, mulailah keadaan heboh. Si bunga akhirnya tahu kalau fotonya disalahgunakan orang lain dan mulai mengkonfirmasi orang-orang yang sudah di invite manusia aneh, karena kebanyakan tidak ada yang curiga. Sebenarnya kalau saya tidak terlalu bermasalah dengan manusia aneh ini, meskipun komen-komennya kadang cukup mengganggu, tapi masih bisa diatasi, dan saya percaya contact-contact MP saya tidak mudah terpengaruh dengan komen-komen demikian. Akhirnya saya memutuskan untuk tidak memecatnya, karena saya pikir, siapa tau suatu hari nanti si manusia aneh ini bertobat atau tergugah karena membaca tulisan saya *ngarep*

Oya, kami akhirnya tahu siapa si manusia aneh ini, lewat hal yang tidak disengaja. Dan beberapa hari yang lalu saya ketemu ybs di halte bikun, nunggu bikun bareng juga.Dan entah kenapa tiba-tiba saya tertarik untuk melihat MP si manusia aneh itu..dan jreng-jreng-jreng…masya ALLAH..saya merinding melihatnya.

Postingan di MP-nya amat sangat tidak sopan, porno, pokoknya ngga beres lah (saya cuma lihat judulnya). Dan isi guestbooknya lebih menyedihkan lagi, maki-makian dari orang lain semua. Bahkan salah satu contact MP saya sampai menyebut dia “dasar kufar”. Sepertinya dia banyak bikin onar di blog orang lain. Waduh…saya pernah melihat blog ngga beres di dunia maya (waktu itu karena di minta report abuse) tapi melihat blog ngga beres dan saya tahu siapa pemiliknya, sungguh berbeda.

Saya cuma tidak habis pikir, seorang akademisi, mahasiswa, termasuk pejabat di lembaga kemahasiswaan(dulu), melakukan demikian. Saya cuma bisa miris dan kasihan melihat dia dimaki-maki orang sampai seperti itu. Dan kemudian saya bertanya dalam hati, kalau bisa melakukan kebaikan kenapa memilih untuk melakukan hal buruk? kalau bisa bermanfaat untuk orang lain kenapa memilih untuk mengusik? kalau hidup damai itu lebih nyaman kenapa malah cari musuh dimana-mana?

Akhirnya sayapun memutuskan, pecat saja. Karena saya baru sadar, saya tidak rela, headshot saya terpampang di homepage manusia aneh itu, dan tertulis sebagai contact-nya. Ya..pecat saja..karena menghindari keburukan lebih utama dari mengejar kebaikan bukan? Dan untuk manusia aneh itu, semoga hidayah ALLAH menghampirinya.. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s