Grieve Di Tengah Ramadhan (ga semestinya banget kan?)

Seandainya ada yang bertanya “Ludi, bagaimana perasaanmu hari ini?” mungkin saya akan jawab “merasa ditolak”, tapi sayangnya tidak ada yang bertanya demikian pada saya, entah sudah sejak berapa lama. Tapi tidak masalah kok, tanpa ada yang bertanya pun saya sudah cerita, sms ke beberapa teman, atau berkata ke orang-orang yang saya temui, “Fa (atau siapapun), aku lagi sedih nih”.

Sebenarnya “merasa ditolak” sudah menghuni perasaan saya sejak senin kemarin. Entah kenapa, tiba-tiba saya merasa beberapa teman perlakuannya berubah, yang tadinya baik hati, pendengar setia, tiba-tiba jadi dingin, acuh tak acuh. Saya jadi bingung, ada apa memangnya? (mungkin salah gw juga kali ya, puasa-puasa ngajak chat) Tapi mungkin itu hanya perasaan saya saja, cuma prasangka-prasangka ngga penting yang mesti diberantas.

Tapi kemudian, kemarin, saya menemukan sebuah kenyataan pahit, saya kehilangan (saya juga bingung, sebenarnya kata kehilangan atau gagal mendapatkan yang lebih tepat) sebuah kesempatan, sesuatu yang begitu saya harapkan. Dan “merasa ditolak” pun muncul lagi, bahkan kali ini bukan sekedar prasangka, tapi sebuah fakta. Ternyata rasanya sungguh menyakitkan.

Hh..kalau sudah begini, dalam fase grieve begini, seperti biasa, begitu banyak hal-hal yang terlintas, kata-kata, nasihat, atau apalah..dan entah kenapa dari kemarin yang merajai pikiran saya adalah percakapan di sebuah film Indonesia “makanya kalau berharap jangan tinggi-tinggi, kalau jatuh sakit”  emang sih…tapi kan “kalau ga tinggi, ngga bisa lihat pemandangan indah” (familiar dengan percakapan ini?). Padahal kemarin saya sudah hampir sampai pada acceptance, tapi sayang sekali hari ini saya kembali ke fase anger dan bargain. Seperti yang pernah saya post di blog sebelumnya, ternyata proses menerima itu bisa paanjaang dan laamaaa…

ALLAHumma a’inni ‘ala dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibaadatik

~swing mood seperti biasa..

Leave a Reply

