Belajar Sungguh-sungguh Dari Para Atlet

Ala bisa karena biasa. Luar biasa memang sifat manusia yang satu ini. Kemampuannya untuk melakukan sesuatu bisa didapat dengan latihan dan belajar yang keras. Man jadda wa jada kalau orang Arab bilang. Siapa yang bersungguh-sungguh pasti bisa. Sampai-sampai sepertinya tidak ada hal yang mustahil untuk dilakukan jika mau berusaha keras. (inget ya, sepertinya, bukan kenyataannya). Hal itulah yang sedikit banyak mengisi pikiran saya saat menonton pertandingan dari gelanggang ke gelanggang di olimpiade beijing ini.

Kekaguman saya melihat manusia bisa berenang sejauh 200m dalam waktu 3 menit membuat saya berpikir sepertinya manusia bisa diadu dengan ikan koi. Para lifter dengan berat badan tidak lebih dari 60 kg bisa mengangkat beban 120 kg lebih, lebih dari dua kali berat badannya. Wuih..saya berpikir ngga hernia atau wasir aja udah bagus tuh n_n. Atau yang juga membuat saya terkagum-kagum adalah balap sepeda, perlombaannya sudah dimulai sejak saya masih dirumah, kemudian saya berangkat tatsqif dan setelah pulang, wow..lombanya masih berlangsung. Gile juga mengayuh sepeda 3 jam lebih tanpa istirahat dan tanpa mengurangi kecepatan, padahal medannya ada yang menanjak juga. Jadi inget diri sendiri yang pegel-pegel berhari-hari setelah sepedaan di UI sesorean.

Selain dari kemampuan fisik luar biasa yang dapat dicapai, bentuk tubuhpun bisa berubah . Seringkali saya tidak bisa membedakan mana atlet wanita dan mana atlet pria, apalagi di cabang olahraga renang. Hipertrofi dimana-mana, di otot yang memang dilatih sehingga bentuk tubuhpun jadi tidak terlihat seperti orang biasa. Atau pemain-pemain basket yang tingginya sekitar 2 m, pasti pegel banget leher kalau ngobrol sama mereka.

Luar biasa kan manusia? makanya jangan mudah menyerah, kalau sungguh-sungguh pasti bisa.

2 thoughts on “Belajar Sungguh-sungguh Dari Para Atlet

Leave a Reply

