Chibipemi Chan (Kalo Gini Doang Kayanya Aku Juga Bisa)

Malem jum’at kemarin, untuk pertama kalinya dalam hidup aku baca komik Chibimaruko Chan. Meskipun sesekali aku nonton kartunnya di TV, tapi setelah baca komiknya aku baru sadar, ternyata ceritanya lucu banget. Sepanjang baca komiknya aku ketawa-ketawa sendiri, tabi tiba-tiba diinterupsi oleh omelan kakak "berisik lo De" dan akhirnya baru dilanjutkan bacanya tadi malem.

Adalah suatu hal yang hebat ketika kita bisa membuat orang dari negara lain tertawa karena humor kita, mengingat selera humor orang berbeda-beda apalagi yang sudah lintas negara.

Chibimarukochan adalah sebuah komik dengan gambar yang amat sederhana (eufimisme dari jelek hehe) bercerita tentang kehidupan anak kelas 3 SD. Cerita yang diangkat juga sangat sederhana tapi diceritakan dengan jujur, membuatku bernostalgila ke masa-masa SD dulu. Sama seperti ketika aku selesai baca Hai Miiko, aku jadi berpikir "cerita sederhana banget, tapi bagus, ternyata bikin komik gampang ya, kayanya kali cuma gini doang gw bisa deh". Emang kePDan sih, tapi kadang kita memang terlalu berkutat dengan hal-hal yang menyulitkan padahal esensinya ternyata bukan disana.

Komik Hai Miiko juga begitu, ya diluar dari kekurangannya yang lain, mengangkat tema yang sederhana dengan gambar yang tidak sebagus gambar Watase Yuu atau Takeshi Obata tapi bisa membuatku tertawa dan menangis bergantian embaca satu komiknya. (padahal waktu itu aku ke kosan m’ami mau rapat bpm, malah baca komik disana) Jadi memang benarlah bahwa kekuatan sebuah komik ada dalam ceritanya.

Sabtu kemarin, di hari terakhir diskon aku ke Gramedia Depok (ceritanya mau beli buku) dan membaca sebuah (dan buku-buku lainnya tentu) di sana. Kumpulan catatan harian ibu rumah tangga muda, ceritanya biasa aja malah kadang kurang sopan dan senonoh kalau aku bilang. Bahasanya juga menggunakan bahasa sehari-hari tapi kenyataannya buku ini sudah dicetak ulang berkali-kali. Sama seperti sebuah buku catatan harian yang lain, tapi lebih Islami, yang juga menurutku biasa-biasa aja, ngga nampol, tapi cetak ulang tiap bulan. Aku juga tidak mengerti (jangan-jangan selera gw yang anomali) Tapi hal-hal itu membuatku berkata dalam hati "kayanya kalo gw bikin tulisan bisa laku juga"

14 thoughts on “Chibipemi Chan (Kalo Gini Doang Kayanya Aku Juga Bisa)

  1. jari2imutnyaemma said: wah,aku juga suka banget tu nonton kartunnya, tapi berhubung aku ga bisa baca komik, jadi ga suka ma komiknya.hehehe….

    "Kumpulan catatan harian ibu rumah tangga muda, ceritanya biasa aja malah kadang kurang sopan dan senonoh kalau aku bilang. Bahasanya juga menggunakan bahasa sehari-hari tapi kenyataannya buku ini sudah divetak ulang berkali-kali"

    keliatankan rata2 orang indonesia….walau katanya yg suka baca org terpelajar nyatanya yg dibaca masih cetek2 aza ;))

  2. abhicom2001 said: keliatankan rata2 orang indonesia….walau katanya yg suka baca org terpelajar nyatanya yg dibaca masih cetek2 aza ;))

    udah liat film versi manusianya belum pe?
    pasti lebih tertawa ngakak..

    lucu banget…apalagi si chibi yang imut bgt

  3. franova said: nggak ah..download aja sendiri :p

    what? smile? smile yang selalu baik hati dan suka menolong itu? kenapa jadi begini?
    ngaku deh..ini pasti bukan smile..cuma orang yang jahat yang tau akunnya smile dan nyamar jadi dia
    :p

  4. abhicom2001 said: nyindiiiiiiir πŸ˜›

    eh, ada komen bang shofwan, ko aku ga sadar ya? hehe

    iya bang, waktu bang shof komen ini aku belum kenal yotsuba, kalo sekarang aku udah baca, bagus memang, polos banget, yotsuba memang tak terkalahkan (kata ayahnya) πŸ˜€

Leave a Reply

