4T=Taqwa, Tampan, Tajir, Teknik

Saya baru mendengar ungkapan ini beberapa pekan lalu (he..ngga gaul ya?) tepatnya di BRAVE AWARD pada performance angkatan 2004. Anak-anak 2004 yang akan diwisuda akhir semester ini menceritakan kegundahan seorang mahasiswi yang sedang melakukan pecarian pendamping wisuda dengan kriteria 4T tadi.

Anggota BPM saya dulu bilang, “ada juga kak, 3T + 1D”
“apaan tuh?”
“taqwa, tampan, tajir, dokter”
Mendengar jawaban itu ekspresi saya berubah masam seketika. Sejurus kemudian saya ceritaan kepada adik saya itu bahwa banyak perempuan-perempuan yang mendambakan punya suami dokter, beberapa anak FIK ingin punya suami anak FK, atau bahkan ada cewek-cewek yang “pesen” ke guru ngajinya minta dicariin dokter. Padahal dokter-dokter itu, mencari dokter juga untuk dijadikan istri, saya punya banyak contoh pak dokter yang beristrikan bu dokter. Jadi kasihan banget kan cewek-cewek itu? Makanya saya paling malas mendengar ungkapan-ungkapan mencari suami dokter dan sejenisnya. Dan saya menyarankan –dengan sedikit keras– untuk adik kelas saya itu untuk tidak mengatakan 3D+1T meskipun hanya untuk candaan semata.

Balik lagi ke 4T, kenapa harus teknik? Saya sama sekali tidak mengerti. Kalau cewek-cewek mencari anak teknik dan kedokteran, lantas bagaimana dengan psiko, FIB atau bahkan FIK? (fakultas yang belum kesebut ngga usah marah, panjang soalnya). 57% teman chat saya adalah anak FT, dan saya tidak merasa mereka lebih layak jadi pendamping dibanding laki-laki dari fakultas lain (haha..peace).

Seharusnya fakultas tidak jadi masalah, karena dalam hadispun kriteria fakultas tidak masuk sama sekali, kita dianjurkan untuk memilih seseorang dari agamanya. Kalau saya sih tidak menginginkan fakultas tertentu, lha wong saya pengennya punya suami ustadz kok. Yang jadi pertanyaan besar adalah emang ada ustadz yang mau? hehe bisa-bisa ada peribahasa baru “bagai punguk merindukan ustadz”

Leave a Reply

