Jama’ah Air

Hikmah itu ada dimana-mana. Bahkan dari air saja kita bisa mengambil banyak hikmah. Tentang air yang setetes demi setetes akhirnya bisa melubangi batu pasti kita sering dengar. Memberi pelajaran pada kita untuk gigih berjuang, seperti peribahasa Arab “Man jadda Wa jada”. Tapi kalau pelajaran dari air agar kita berjam’ah mungkin kurang familiar.

Kalau habis musim hujan begini, banyak jalanan jadi rusak. Karena waktu hujan banyak aspal yang tergenang air. Seperti jalan yang kulalui setiap pagi. Buat aku yang shockbreaker motornya sudah rusak (atau istilah lainnya mati!) perjalananpun jadi lebih menyiksa. Seperti yang abangku peringatkan “shockbreakernya udah mati ini pem, pant*t lo bisa tipis lama-lama..”

Coba bayangkan, air bisa merusak aspal, hebat kan? kita aja yang manusia, tiduran sampe seminggu diatas aspal belum tentu aspalnya jadi rusak, tapi air bisa melakukannya. Kuncinya adalah, karena air melakukannya dengan berjama’ah.  Coba kalu cuma setetes air yang menggenang, pasti tidak akan ada efeknya. Yang ada baru semenit, air itu sudah menguap. Tapi karena airnya banyak, berjamaah, menggenang diatas jalan, akhirnya bisa rusaklah aspal dibawahnya.

Tentang pentingnya berjama’ah sepertinya aku tidak perlu lagi membahasnya. Karena aku yakin hampir semua anak sekolah Indonesia pernah dicekokin filosofi sapu lidi waktu SD dulu. Bahwa sebuah lidi mudah dipatahkan, dan gunanya juga ngga terlalu hebat. Tapi ketika lidi-lidi dikumpulkan dan menjadi sebuah sapu..wuih..kalo dinaikin Harry Potter bisa buat terbang. hehe..

Makanya teman-teman ayo kita berjama’ah..karena serigala akan lebih mudah menerkam rusa yang sendirian..

“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang di jalanNya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti bangunan yang tersusun kokoh” QS Ash-Shaff:4

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s