Passwordmu Harimaumu

Sudah menjadi karakter manusia yang namanya salah dan lupa. Makanya kalau kita lupa doanya Subhanallahu man la yashu wa la yanamu, Mahasuci Allah yang tidak lupa dan tidak tidur. Karena hanya Allahlah yang memiliki sifat itu dan betapa kita manusia sangat tidak memilikinya.

Begitu lekatnya manusia dengan perkara lalai dan lupa dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam urusan password. Sudah banyak orang yang cerita ngga bisa buka email, buka blog, atau urusan login yang lain karena lupa password atau user id. Berhubung aku sadar diri bahwa aku begitu pelupa makanya user id dan password-ku dibuat seragam, kalaupun beda paling aku cuma punya 2 jenis password.

Selama ini urusanku dengan user id dan password lancar-lancar saja. (ga kaya urusan ketinggalan barang-ku), kecuali kalo login di google kadang aku suka lupa user id-nya apa,  sampai beberapa hari ini. Belum lama ini aku registrasi di eramuslim (karena ada pertanyaan yang mau kutanya ke ustadz), tapi setiap login aku  ngga inget user id-nya, bukan pemikirulung! bukan afaf_aunty juga! (gw mikir apa ya waktu registrasi), untungnya bisa login pake alamat email, meskipun sempet lupa juga pake email yang mana. Pokoknya cuma ada 1 kata: dudul.

Sebenarnya masalah yang lebih parah dari kasus eramuslim adalah password dokumen. Beberapa bulan lalu, setelah abis belajar bikin password buat file, aku jadi terinspirasi untuk ngasih password ke sebuah file-ku. Selain emang biar file itu ngga ada orang lain yang bisa baca, ya biar gaya juga, kesannya punya privasi banget gitu. Yah seperti yang sering aku bilang ke temen-temen “gaya itu yang utama, perkara kemampuan mah belakangan” hehe.. tapi dudul-nya, waktu aku mau baca lagi file-nya, tuing muncul tuh box buat masukin passwordnya, dengan PD kumasukin passwordku yang biasa, eh ternyata incorrect, nah lo.. Aku bingung, coba lagi pake password di login-UI yang lama (password yang sekarang kan baru dipake semester ini) masih incorrect, coba password yang lebih lama lagi, (canggih ya aku bisa inget 2 password aneh yang susah dibikin jembatan keledainya kaya cvjyjwqk) masih bukan juga…coba-coba yang lain..bukan juga…lama-lama nyerah..bingung..apaan ya…aduh mak..ngga bisa dibuka tuh file..

Pesenku cuma satu: passwordmu harimaumu, makanya kandangin yang bener (loh?)

Leave a Reply

