Saat paling bahagia dalam hidup?

Beberapa hari ini tiap pagi aku menyempatkan untuk nonton serial Korea di sebuah stasiun TV swasta. Sebenernya serial ini udah diulang untuk kedua kalinya, tapi berhubung dulu waktu tayang sore aku cuma nonton sekali-sekali, mumpung sekarang pagi-pagi dan aku lagi libur jadi aku sempetin buat nonton.

Tadi pagi di serial itu ada adegan Te Yung (mudah-mudahan bener nulisnya) dan Ki Ju lagi berduaan di pinggir pantai terus nanya-nanya bergantian. Sampe akhirnya Te Yung nanya “saat paling bahagia dalam hidup”, dan Ki Ju jawab “sekarang” ooo so sweet… jawaban yang bisa bikin cewek-cewek meleleh…

Lantas aku jadi berpikir, kira-kira kapan ya saat paling bahagia dalam hidupku?..pertanyaan yang saaangat susah aku jawab. Mungkin karena belum ada saat bahagia yang “nonjok” banget sehingga begitu lekat dalam ingatan. Kalo peristiwa bahagia sih banyak, tapi ngga terlalu..

Tapi dulu, di suatu hari aku pernah bilang “ini saat paling bahagia dalam hidupku”, gara-gara sebuah momen. Begini ceritanya, dulu aku punya hamster (aku pernah memelihara berbagai binatang), warnanya abu-abu, masih kecil, beli di Cibodas. Tidak beberapa lama setelah si hamster itu tinggal bersama kami, dia sakit (hamster adalah peliharaan paling ringkih dan paling gampang mati, makanya aku kapok ga mau melihara hamster lagi). Si hamster keliatan lemes dan gemetar, buntutnya basah karena ada cairan keluar dari anusnya. Karena ngga tega melihat keadaan si hamster yang mengenaskan, si hamster dikeluarin dari kandang dan dijemur. Berhubung si hamster lemes banget dan tidak terlihat bisa lari jauh (atau bahkan berjalan), kita tinggalin dia sendirian. Pas balik, ternyata si hamster udah raib! ngga jelas pergi kemana, jejak kaki juga ngga ada. Kontan aku dan mba-ku kebingungan nyariin. Hamsterku tidak kunjung ketemu, orang rumah pada khwatir, tidak yakin dia bisa hidup sendirian di dunia yang begitu kejam ini. Kalo mama malah berpendapat “alah paling dia sekarang udah pergi bareng-bareng tikus” (secara si hamster emang mirip banget sama tikus) pendapat yang aneh.. 

Keesokan harinya (kalo ngga salah) saat kita udah berhenti berharap menemukan si hamster kita, pas kita lagi asik-asik nonton TV, tiba-tiba dibawah meja TV ada sesuatu bergerak-gerak, mirip banget sama tikus. Mba-ku langsung ngambil sapu buat mukul tikus itu. Pas udah ambil ancang-ancang, dalam hitungan detik si sesuatu mirip banget sama tikus itu akan kepukul, tiba-tiba mba-ku berhenti, diliat-liat dengan baik, ternyata itu hamster kita yang hilang lebih dari 1 hari! waaah seneng banget..hamster yang kita pikir udah mati karena tidak mampu bertahan dalam kerasnya alam liar, hamster yang kita pikir udah lupa kalo dia hamster dan bergabung dengan kawanan tikus, hamster yang kita pikir udah tersesat dan ngga tau jalan pulang, hamster yang hampir dipukul mati pake sapu, hamster yang itu…langsung kita berdua ngangkat hamster itu, kita belai, dan hatiku serasa ingin meloncat keluar waktu itu, dadaku terasa penuh..aku bilang “ya ampun..ini saat-saat paling bahagia dalam hidup gue..”

Mungkin suatu hari aku akan menemukan saat lain yang begitu membahagiakan dalam hidup, saat yang bener-bener indah, bukan sekedar nemuin hamster yang ilang (kejadian ini waktu aku SMA), yang bisa langsung aku rujuk kalo ada yang bertanya “apa saat-saat paling membahagiakn dalam hidup anda?”..

Bagaimana dengan anda?….

Leave a Reply

