Tips Menghilangkan Ngantuk Saat Mendengarkan Ceramah/Kuliah/Materi

Adalah hal yang manusiawi kalo kita jadi ngantuk kalo mendengarkan ceramah, kuliah atau materi. Apalagi kalau dari awal kita kurang tertarik dengan yang disampaikan, dan diperarah dengan

gaya

penyampaian yang monoton. Berikut tips buat menghilangkan ngantuk, berdasarkan pengalaman pribadi

  • Baca ta’awudz, istighfar, mohon pada Allah untuk dijauhkan dari godaan syetan karena syetan ngga suka ngeliat kita beribadah, makanya dia mencoba menghalangi dengan membuat kita ngantuk. Bisa juga minta beberapa orang membaca ayat kursiy, lebih bagus lagi kalau dipimpin oleh pembicaranya langsung.
  • Anggap hal yang sedang disampaikan adalah hal yang sangat menarik, terserah gimana caranya, coba inget pengalaman pribadi yang mungkin nyambung dengan pembicaraan (cara yang susah sebenernya) Bisa juga bayangkan bahwa pembicara adalah magnet dan anda adalah peniti, atau pembicara adalah kerbau dan anda adalah bajak, atau hal yang biasanya tarik-menarik lainnya.
  • Sibukkan diri, jangan cuma diem dengerin pembicara. Coba nyatet, atau nulis-nulis apalah, ngitung utang, makan kuaci, nyari kutu di kepala temen bisa jadi alternatif.
  • Keluar sebentar, coba jalan-jalan beberapa meter. Liat-liat kelas lain, liat parkiran ngecek motor masih ada apa ngga, atau liat kantin kali aja ada yang jaga butuh bantuan ngulek bumbu. Tapi jangan jalan ke labkom atau perpus, apalagi kalo disana ada internet nganggur, karena anda bisa nyangkut dan ngga balik ke kelas lagi. Tapi kalaupun anda nyangkut, ngantuk anda pasti ilang dan ngga muncul lagi.
  • Cobalah mengobrol sedikit dengan orang sebelah, obrolin hal-hal menarik atau sedikit lucu, buat penyegaran. Atau bisa juga diskusikan sedikit apa yang pembicara barusan sampaikan. Jangan kepanjangan, nanti anda bisa didaulat untuk menggantikan pembicara di depan, juga jangan kekencengan nanti anda disangka lagi orasi di depan gedung DPR.
  • Keluar sebentar dan lakukan aktivitas fisik, misalnya lari-lari ngelilingin lapangan (gw pernah melakukannya, beneran!) Begitu selesai dan kita balik lagi ke ruangan, kita ngga bakalan sempet ngantuk lagi, karena kita akan sibuk kipas-kipas atau ngelap-ngelap keringet yang berucucuran.
  • Ngga usah cuci muka, aku sangat tidak menyarankan, karena biasanya kalau aku pribadi ngga mempan dengan cara ini, ngantuknya tetep nempel. Kecuali kalo sebelum nyuci muka kita nguras bak mandi atau nyikatin kloset dulu, itu lain perkara. Atau lebih heboh lagi air yang kita pake nyuci muka kita dapet dari 7 sumur yang berbeda, ditambah dengan kembang 7 rupa yang didapat dari 7 taman, dengan sabun dari 7 merk yang berbeda.

  • Sambi dengan ngemil atau makan, tapi bukan sembarang makanan. Cari makanan yang keras (yang mecahinnya aja pake tang atau linggis) atau makanan yang pedas (yang bisa bikin mulut anda mengeluarkan api saking pedasnya)

  • (tambahan1) Minta teman sebelah anda untuk mengagetkan anda. Minta dikagetkan di saat yang tepat, saat diamana anda benar-benar akan jatuh tertidur, trus pilih orang yang bisa mengagetkan dengan baik karena biasanya temen-temenku pada ngga tegaan kalo diminta ngagetin yang ada mereka bukannya ngagetin malah menambah inspirasi baru buat mimpi anda nantinya. Lebih bagus lagi kalau teman anda mengagetkannya ngga cuma bermodal mulut tapi juga alat yang berisik kaya kentongan, sirine, peluit, atau bayi yang dicubit.

Segitu dulu deh, kapan-kapan ditambahin lagi kalo inget atau dapet cara baru. Silakan mencoba, jangan diliat dari bumbunya, liat dari main topicnya

Advertisements

20 thoughts on “Tips Menghilangkan Ngantuk Saat Mendengarkan Ceramah/Kuliah/Materi

  1. Setuju ama yg t’akhir, Pem…! Tp kalo gue nggak mempan juga tuh ama makanan begitu…mempannya ama makanan yg uenak2, kayak Nasi Padang…Sate Kambing yg empuk, trus Mie Ayam Yamin…hhmm…yummy… ~_~

  2. tambah satu Pem…
    tips dari majalah intisari jadul banget tapi manjur buatku, liatin temen-temen lain yang terkantuk2 pasti bakal ngikik2 sendiri dan ilang deh ngantuknya
    tapi yang jadi masalah adalah… kalo kita ngantuk sendirian hihihi

  3. harlia said: tidur siang dulu…pasti ilang deh tu ngantuk… ^_^

    Boleh juga tipsnya… gw punya satu tambahan lagi niy…
    udah pernah nonton Mr. Bean’s Holiday???
    nah,,bisa dipraktekin tuh,,caranya dgn mengambil beberapa batang korek api,,kemudian dirikanlah batang korek api itu di antara kedua kelopak mata anda….
    ^_^ selamat mencoba

  4. katanyacy said: caranya dgn mengambil beberapa batang korek api,,kemudian dirikanlah batang korek api itu di antara kedua kelopak mata anda….^_^ selamat mencoba

    itu mah tips biar tetep melek bukan menghilangkan ngantuk hu..hu..hu..
    thanks for comment-nya..

  5. katanyacy said: caranya dgn mengambil beberapa batang korek api,,kemudian dirikanlah batang korek api itu di antara kedua kelopak mata anda….^_^ selamat mencoba

    klo tips nya jalan2 ….wah bisa keterusan jalannya mbak…..

  6. katanyacy said: caranya dgn mengambil beberapa batang korek api,,kemudian dirikanlah batang korek api itu di antara kedua kelopak mata anda….^_^ selamat mencoba

    masya Allah laa ilha illa huwa
    cara ngusir ngantuknya "hamqo" abisss!
    af1 ngasih comment
    wassalamualikum

  7. agungkencana said: cara ngusir ngantuknya "hamqo" abisss! af1 ngasih comment

    Ya allah aku mau sekali membaca diinternet tentang pahala mendengarkhan ceramah…

    untuk para u;ama saya pengen kepada anda supaya anda dengan senang hati bisa memasang artikel tentang ceramah.mulai pengertiannya, fungsinya, pahalanya,pokoknya yang lengkep yach……..

    ya sudah makasich

  8. roelworks said: kalau jumatan nggak boleh ngobrol…bagai keledai memanggul kitab haditsnya bukan?

    ohiya..emang ga dikhususin buat jum’atan sih mas roel, secara ga pernah jum’atan..tapi tips yang laen kan masi bisa dipake…yang ga ngegugurin pahala solat jum’atnya hehe *maksa*

  9. roelworks said: kalau jumatan nggak boleh ngobrol…bagai keledai memanggul kitab haditsnya bukan?

    pemikir ulung, dipikir ulang deh judul blognya.
    Manusia itu unik: berarti semua manusia itu unik.
    Aku salah satunya: berarti kamu salah satu dari semua manusia.
    terus, kalo kamu sama aja sama semua manusia, apa uniknya?????

  10. ilivewithignorants said: Manusia itu unik: berarti semua manusia itu unik.Aku salah satunya: berarti kamu salah satu dari semua manusia.terus, kalo kamu sama aja sama semua manusia, apa uniknya?????

    iya..saya sama dengan semua manusia, unik..dan untuk kepemilikan keunikan ini, semua manusia sama, sama-sama punya..

    soal keunikannya apa..bahasannya lain lagi..gitu..coba dipikir lagi deh komennya 😀

  11. ilivewithignorants said: Manusia itu unik: berarti semua manusia itu unik.Aku salah satunya: berarti kamu salah satu dari semua manusia.terus, kalo kamu sama aja sama semua manusia, apa uniknya?????

    kalo kamu bilang manusia itu unik, berarti ada perbandingannya dari hal lain. atau kesannya kamu adalah makhluk lain yang berkomentar bahwa manusia itu unik.
    kecuali judulnya: manusia itu punya keunikan masing-masing, aku juga punya. ->kalo gini mungkin orang lebih pingin tau keunikan kamu yang gimana dan menelusuri blog kamu.

    lagipula kalau:
    manusia itu unik: semua manusia punya keunikan masing-masing
    aku salah satunya: (untuk apa diklarifikasi lagi, kayaknya mau meyakinkan bahwa "dan aku tuh juga salah satu manusia lho, yang punya keunikan masing-masing, dan bukan kucing atau pohon pisang.")

    then, it makes it pretty nonsense.

    sama seperti contohnya:
    Buah Jeruk Itu Manis, Yang Nangkring Di Meja Makan Kami Itu Juga.
    Komputer Itu Harganya Mahal, Komputerku juga.

    so, what?

    ——
    well never mind. don’t listen to me. i shouldve never care. bye.

  12. ilivewithignorants said: Manusia itu unik: berarti semua manusia itu unik.Aku salah satunya: berarti kamu salah satu dari semua manusia.terus, kalo kamu sama aja sama semua manusia, apa uniknya?????

    Yang kedua. Aku pengen memberi tau bahwa saya adalah bagian dari manusia. Kalo ternyata kurang catchy shg kurang memancing orang untuk membaca blog ini, ya biar sajalah. Hehe. Thx for attention anyway

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s